Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Bukan Bahas Genosida Armenia, Biden Dan Erdogan Bertelepon Bicarakan Kerja Sama Bilateral Dan Janji Pertemuan

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 24 April 2021, 11:10 WIB
Bukan Bahas Genosida Armenia, Biden Dan Erdogan Bertelepon Bicarakan Kerja Sama Bilateral Dan Janji Pertemuan
Joe Biden/Net
Presiden AS Joe Biden melakukan percakapan telepon dengan Presiden Turki pada Jumat (23/4) malam, di tengah beredarnya kabar yang menyebutkan bahwa orang nomor satu di AS itu akan mengakui peristiwa genosida Armenia 1915.

Pemberitaan tentang pengakuan itu telah meluas, membangkitkan harapan sejumlah pihak akan kebenaran yang tersimpan selama lebih dari satu abad.

Menurut rencana, Joe Biden akan mulai menggunakan kata 'Genosida' untuk pembantaian 1915, dan akan dilakukan pada Sabtu (24/4) dalam rangka memperingati peristiwa kelam itu.

Lalu apakah percakapan telepon Biden kepada Erdogan terkait rencana itu?

Itu adalah kontak telepon pertama antara Erdogan dan Biden, sejak presiden AS itu menjabat pada Januari lalu.

Gedung Putih mengatakan, sejumlah masalah bilateral kedua negara dibahas dalam percakapan kedua pemimpin itu. Sama sekali tidak menyinggung soal pengakuan genosida.

Sementara pernyataan dari Direktorat Komunikasi Turki, menyebutkan bahwa kedua kepala negara menyepakati pentingnya membangun kerja sama yang lebih besar, seperti dikutip dari Anadolu Agency, Sabtu (24/4).

Presiden Turki mencatat bahwa menangani masalah kehadiran Organisasi Teroris Fetullah (FETO) di AS dan dukungan Washington untuk kelompok teror PKK / PYD di Suriah penting untuk memajukan hubungan antara kedua negara, tambah pernyataan itu.

Menurut sumber diplomatik pada Jumat malam, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu juga melakukan percakapan telepon dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken untuk menindaklanjuti masalah yang dibahas oleh Erdogan dan Biden.

Kedua pemimpin telah sepakat untuk bertemu di sela-sela KTT Pemimpin NATO pada bulan Juni mendatang.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA