Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bantu Atasi Badai Covid-19, Inggris Kirim Alat Medis Ke India

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 26 April 2021, 07:59 WIB
Bantu Atasi Badai Covid-19, Inggris Kirim Alat Medis Ke India
PM INggris Boris Johnson/Net
rmol news logo Badai pandemi Covid-19 yang menerjang India telah menimbulkan kekhawatiran dari seluruh dunia. Kasus baru terus melonjak, sementara para pasien bertaruh nyawa akibat kekurangan alat medis dan oksigen.

Negara berpenduduk terbesar kedua di dunia setelah China itu mencatatkan rekor global baru untuk kasus virus corona harian untuk hari keempat berturut-turut pada Minggu (25/4) waktu setempat. Mereka mencatatkan 349.691 kasus baru, sehingga totalnya menjadi 16,96 juta.  

Menanggapi itu, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson telah mengumumkan bahwa pemerintahannya akan mengirim bantuan peralatan medis untuk membantu negara Asia Selatan tersebut.

"Kami berdiri berdampingan dengan India sebagai teman dan mitra selama waktu yang sangat mengkhawatirkan dalam perang melawan Covid-19," ujarnya dalam sebuah pernyataa , seperti dikutip dari The Economic Times, Senin (26/4).

"Peralatan medis penting, termasuk ratusan konsentrator oksigen dan ventilator, sekarang sedang dalam perjalanan dari Inggris ke India untuk mendukung upaya mencegah hilangnya nyawa secara tragis akibat virus yang mengerikan ini," lanjutnya.

"Kami akan terus bekerja sama dengan pemerintah India selama masa sulit ini, dan saya bertekad untuk memastikan bahwa Inggris melakukan segala yang dapat dilakukan untuk mendukung komunitas internasional dalam perang global melawan pandemi," kata Johnson.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab dalam cuitannya di Twitter pada Minggu, mengatakan bahwa Inggris telah mengirimkan gelombang pertama bantuan ke India.

"Hari ini kami telah mengirimkan yang pertama dari beberapa pengiriman darurat peralatan medis berlebih kepada teman-teman kami di India untuk membantu memberikan perawatan yang menyelamatkan jiwa bagi pasien Covid yang rentan. Tidak ada yang aman sampai kita semua aman," cuitnya.

Perhatian juga datang dari Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock.

"Pemandangan yang memilukan di India sekali lagi menunjukkan betapa parahnya penyakit yang mengerikan ini," cuitnya di Twitter.

"Kami bertekad untuk mendukung rakyat India melalui masa yang sangat sulit ini, dan saya sangat berterima kasih kepada mereka yang telah bekerja keras untuk mewujudkan pengiriman awal ini."

"Pengiriman pertama peralatan penyelamat nyawa ini akan memberikan bantuan yang sangat dibutuhkan dan kami siap untuk berbuat lebih banyak," ujarnya.

Bantuan gelombang pertama Inggris termasuk sembilan muatan kontainer pesawat berisi 495 konsentrator oksigen, 120 ventilator non-invasif, dan 20 ventilator manual.  

Pengiriman pertama perbekalan medis dari Inggris dijadwalkan tiba di India pada Selasa (27/4) pagi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA