Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Raja Swedia Kenang Kalimat Pangeran Philip: Sekarang Saya Tahu Bagaimana Rasanya Jadi Kupu-kupu Di Museum

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 27 April 2021, 12:33 WIB
Raja Swedia Kenang Kalimat Pangeran Philip: Sekarang Saya Tahu Bagaimana Rasanya Jadi Kupu-kupu Di Museum
Raja Carl XVI Gustaf dari Swedia/Net
rmol news logo Raja Carl XVI Gustaf  mengungkapkan kesedihannya karena tidak bisa menghadiri pemakaman Pangeran Philip. Lebih dari itu, ia menyesali karena rencana dan impiannya untuk melakukan pertemuan  dengan Pangeran Philip yang telah ia rancang jauh hari tidak bisa terwujud.

"Kami telah lama bersahabat dan menjalin kontak rutin setahun belakangan ini. Saya mencari kesempatan untuk bisa bertemu dengannya, mengingat usianya yang hampir 99 tahun. Saya tahu ini akan terjadi," katanya saat diwawancarai di podcast Swedia, Värvet, Senin (26/4) menjelang ulang tahunnya yang ke-75 pada 30 April mendatang.

Dalam wawancara itu dilakukan di Apartemen Putri Sibylla di Istana Kerajaan di Stockholm itu, Gustaf banyak berkisah soal Pangeran Philip. Dia menyayangkan hanya bisa menonton upacara pemakaman sahabatnya lewat teevisi.

“Itu adalah pemakaman yang sangat emosional dan menyentuh. Luar biasa," ujarnya.

Dia masih usia remaja ketika bertemu Pangeran Philip untuk pertama kalinya. Ia ingat pertemuan pertamanya dengan Duke of Edinburg itu, termasuk apa saja yang dikatakannya dan apa yang mereka berdua lakukan.

Gustaf memuji sosok Philip yang hangat. Selain sikapnya yang menyeyangkan, Philip kerap menggunakan sentuhan kata tertentu untuk mengungkapkan sesuatu. Hal yang diingatnya adalah ketika ia menjadi pusat perhatian orang-orang.

“Dia luar biasa, hangat dan ramah. Menyenangkan, lucu, selalu memiliki sentuhan lucu tertentu dalam perkataannya. Kami pergi berlayar bersama, lalu tentu saja turis datang dan berdiri di tepi pelabuhan dan menatap kami. Kemudian Pangeran Philip berkata, 'Sekarang saya tahu bagaimana rasanya menjadi kupu-kupu di museum'," kenang Gustaf.

Pangeran Philip, Duke of Edinburgh, meninggal pada 9 April 2021 pada usia 99 tahun. Ia dimakamkan di Royal Vault of St.George's Chapel, Windsor pada 17 April 2021.

Keluarga Kerajaan Swedia memberi penghormatan dan ucapan duka cita kepada Ratu Elizabeth saat Philip meninggal dunia. Bendera dikibarkan setengah tiang pada hari Philip dimakamkan dan ada upacara di Gereja Riddarholmen di Stockholm. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA