Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Iran Buka Kartu, Rouhani: Kematian Jenderal Qasem Soleimani Adalah Provokasi Israel

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 29 April 2021, 09:15 WIB
Iran Buka Kartu, Rouhani: Kematian Jenderal Qasem Soleimani Adalah Provokasi Israel
Presiden Iran Hassan Rouhani/Net
rmol news logo Awal tahun lalu menjadi duka yang mendalam bagi Iran karena kehilangan tokoh yang paling dikagumi, Jenderal Qasem Soleimani.

Komandan Pasukan Quds Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) itu meninggal dunia dalam serangan pesawat tak berawak Amerika Serikat (AS) ke Bandara Baghdad Irak pada 3 Januari 2020.

Namun ada aktor lain di balik serangan mematikan AS tersebut, dan itu adalah Israel.

Dalam pertemuan kabinet pada Rabu (28/4), Presiden Iran Hassan Rouhani menyebut Israel yang berada di balik pembunuhan Soleimani. Ia mengatakan serangan AS telah diprovokasi oleh Zionis.

"Kemartiran Jenderal Soleimani diarahkan oleh Zionis, meskipun (mantan Presiden AS Donald) Trump adalah komandan dan pembunuhnya," kata Rouhani, seperti dikutip Sputnik.

Rouhani mencatat, semua tindakan Trump merupakan hasil dari provokasi Zionis.

Kendati begitu, Rouhani tidak memberikan bukti apapun untuk mendukung klaim yang dibuatnya itu.

Pada kesempatan yang sama, Rouhani juga membahas bocornya rekaman pernyataan Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif.

Dalam rekaman, Zarif diduga telah menyatakan bahwa Soleimani sering melakukan lebih banyak kerusakan daripada kebaikan dalam hal menjaga diplomasi dengan para pemimpin global.

Tetapi Zarif juga dikatakan memuji upaya militer Soleimani dalam rekaman tersebut, menyoroti kerja sama produktif Soleimani selama invasi AS ke Afghanistan dan Irak. Dia juga menyesalkan kematian Soleimani merupakan kerugian besar bagi Iran.

Rouhani mengatakan rekaman itu tampaknya sengaja dibocorkan selama pembicaraan di Wina  untuk menciptakan perselisihan di Iran. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA