Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Kritik Tajam Pompeo Untuk Biden: Pencabutan Sanksi Untuk Iran Tidak Akan Hentikan Aktivitas Jahat Teheran

LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 30 April 2021, 07:00 WIB
Kritik Tajam Pompeo Untuk Biden: Pencabutan Sanksi Untuk Iran Tidak Akan Hentikan Aktivitas Jahat Teheran
Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo/Net
Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo, mengomentari proses kesepakatan nuklir antara AS dan Iran yang saat ini tengah berlangsung. Menurutnya, pencabutan sanksi terhadap Iran tidak akan membuat rezim Teheran 'menghentikan aktivitas jahat mereka'.

Pernyataan tersebut disampaikan mantan orang nomor satu di Departemen Luar Negeri AS era Donald Trump itu dalam sebuah wawancara bersama Al-Arabiya, Kamis (29/4).

"Yang tidak saya mengerti adalah bagaimana pemerintah dapat mempercayai bahwa jika Anda melepaskan sanksi dan Anda mencabut kampanye tekanan dari Iran, lantas Anda berharap bahwa mereka akan berperilaku dengan cara yang sesuai dengan norma-norma internasional?" kata Pompeo.

"Jika Anda tidak siap untuk menekan Iran agar menghentikan aktivitas jahat mereka, dukungan mereka untuk pemberontak Houthi, dukungan politik mereka, dukungan diplomatik mereka, dukungan militer mereka dalam hal menyediakan sistem senjata, dan dukungan sumber daya kemampuan, serta semua hal yang telah dilakukan Iran selama beberapa tahun terakhir, saya tidak tahu bagaimana ini berakhir," tambahnya.

Pemerintahan Biden telah mempertimbangkan untuk mencabut sanksi dalam upaya mencoba dan membuat Iran mematuhi kesepakatan nuklir 2015.

Pejabat Amerika sendiri telah menolak untuk membahas sanksi mana yang sedang dipertimbangkan untuk dicabut.

Tetapii mereka menekankan bahwa mereka terbuka untuk mencabut sanksi non-nuklir, seperti yang terkait dengan terorisme, pengembangan rudal dan hak asasi manusia, selain yang terkait dengan program nuklir.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA