Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Iran Sambut Perubahan Baik Retorika Arab Saudi Menuju Rekonsiliasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 30 April 2021, 10:22 WIB
Iran Sambut Perubahan Baik Retorika Arab Saudi Menuju Rekonsiliasi
Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS)/Net
rmol news logo Arab Saudi mulai mengubah retorikanya terhadap Iran, menjadi angin segar tersendiri di kawasan.

Pada Selasa (27/4), Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) mengatakan Riyadh ingin menjalin hubungan yang baik dengan Iran.

MBS bahkan menyebut Arab Saudi tengah bekerja untuk menemukan solusi menyelesaikan masalahnya dengan Teheran.

Menanggapi itikad baik tersebut, Iran menyambut baik iniatif MBS. Jurubicara Kementerian Luar Negeri Iran, Saeed Khatibzadeh pada Kamis (29/4) menyebut Teheran dan Riyadh merupakan dua negara penting di kawasan dan dunia Islam.

"Dengan mempresentasikan proposal dan inisiatif untuk dialog dan kerjasama di kawasan Teluk Persia, termasuk Hormuz Peace Endeavour (HOPE), Republik Islam Iran telah menjadi pelopor dalam jalur persahabatan dan kerjasama regional, dan menyambut baik perubahan nada di Arab Saudi," kata Khatibzadeh, seperti dikutip Sputnik.

Ia mengatakan, kedua negara dapat mulai bekerja sama untuk mencapai perdamaian regional, stabilitas, dan pembangunan dengan mengadopsi pendekatan konstruktif dan berbasis dialog.

The Financial Times melaporkan, pada April, pejabat tinggi dari kedua negara bertemu di Baghdad pada 9 Aril untuk membahas pemulihan hubungan bilateral.

Pembicaraan tersebut dimediasi oleh Perdana Menteri Irak Mustafa Al-Kadhimi dan menjadi "percakapan politik besar pertama" antara kedua negara sejak Teheran dan Riyadh memutuskan hubungan diplomatik pada 2016. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA