Farah.ID
Farah.ID

Bentrokan Di Perbatasan Tewaskan Banyak Korban, Kyrgyzstan Dan Tajikistan Sepakati Gencatan Senjata

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 30 April 2021, 10:49 WIB
Bentrokan Di Perbatasan Tewaskan Banyak Korban, Kyrgyzstan Dan Tajikistan Sepakati Gencatan Senjata
Kyrgyzstan dan Tajikistan terlibat bentrokan di perbatasan/Net
Api konflik di perbatasan Kyrgyzstan dan Tajikistan kembali menyala. Bentrokan hebat di antara kedua negara menyebabkan banyak korban jiwa dan terluka.

Kementerian Kesehatan Kyrgyzstan pada Jumat  (30/4) melaporkan, korban bentrokan di perbatasan bertambah menjadi 13 orang meninggal dunia dan 121 lainnya terluka.

"Pada 07.50, jumlah total mereka yang terluka akibat insiden di perbtaasan Kygyzstan-Tajikistan adalah 134, dengan 13 di antaranya telah meninggal," ujar jurubicara kementerian, seperti dikutip Sputnik.

Kementerian menuturkan, 25 orang yang terluka dibawa dari Batken ke Bishkek dengan pesawat khusus dan dirawat di Rumah Sakit Pusat Penelitian Traumatologi dan Ortopedi Bishkek, Rumah Sakit nasional dan Pusat Bedah Nasional.

Dari mereka yang dilarikan ke rumah sakit, dua di antaranya dalam kondisi parah.

Bentrokan sendiri dipicu setelah pihak Tajikistan berusaha untuk memasang kamera CCTV di tiang saluran listrik di perbatasan Batken pada Rabu (28/4).

Pihak Kyrgyzstan kemudian mencoba untuk merobohkan tiang tersebut dan keduanya mulai bentrok.

Bentrokan diawali dengan lemparan batu dari kedua sisi, meningkat menjadi aksi saling tembak pada Kamis malam (29/4).

Insiden tersebut membuat tiga warga Tajikistan tewas, dan lebih dari 100 lainnya terluka.

Pada malam hari, kedua negara  menyepakati gencatan senjata dan penarikan pasukan ke tempat-tempat penempatan mereka sebelumnya.

Konflik di perbatasan kerap terjadi antara Kyrgyzstan dan Tajikistan. Alasan utamanya adalah bagian yang tidak terbagi, di mana tidak mungkin untuk menentukan di mana letak perbatasan antar negara bagian.

ARTIKEL LAINNYA