Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemerintah AS Selidiki Serangan Misterius Sindrom Havana Di Dalam Negeri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 01 Mei 2021, 10:05 WIB
Pemerintah AS Selidiki Serangan Misterius Sindrom Havana Di Dalam Negeri
Kedutaan Besar AS di Havana /Net
rmol news logo Senator AS mengatakan bahwa pemerintah sedang menyelidiki peningkatan nyata dalam serangan energi terarah misterius yang dijuluki 'sindrom Havana', di tengah laporan baru dari insiden yang berpotensi merusak otak tersebut di dalam negeri.

Senator Demokrat Mark Warner dan Republikan Marco Rubio, yang memimpin Komite Intelijen Senat, mengeluarkan pernyataan tersebut pada Jumat (30/4) waktu setempat. Pernyataan itu menyusul dua laporan media yang mengatakan serangan yang diduga sebagai 'sindrom Havana' telah terjadi di Washington, termasuk di luar Gedung Putih, dan di Miami, Florida.

"Selama hampir lima tahun, kami telah mengetahui laporan serangan misterius terhadap personel pemerintah Amerika Serikat di Havana, Kuba dan di seluruh dunia," katanya, seperti dikutip dari AFP, Sabtu (1/5).

"Pola menyerang sesama warga yang melayani pemerintah kami tampaknya meningkat," lanjutnya.

Sindrom Havana adalah serangkaian tanda dan gejala medis yang dilaporkan oleh staf kedutaan besar Amerika Serikat dan Kanada di Kuba sejak akhir 2016. Serangan yang masih belum terjelaskan itu telah menyebabkan penyakit dan bahkan kerusakan otak pada diplomat AS dan pejabat intelijen di Kuba, China, Rusia, dan negara lain.

Moskow diduga ada di belakang mereka, meski mekanismenya belum dijelaskan. Para ilmuwan berteori bahwa serangan muncul dari gelombang mikro berdenyut.

Awal pekan ini CNN, mengutip pejabat yang tidak disebutkan namanya, mengatakan badan-badan federal sedang menyelidiki insiden November 2020 di Gedung Putih Ellipse di mana seorang staf dewan keamanan nasional sakit.

Setahun sebelumnya, menurut laporan, pejabat Gedung Putih lainnya melaporkan merasakan beberapa gejala saat berjalan-jalan dengan anjingnya di pinggiran Washington di Arlington.

Politico
juga melaporkan hari Jumat bahwa penyelidik pemerintah sedang memeriksa dugaan serangan terhadap personel AS di Miami tahun lalu.

Mereka yang terkena dampak mengalami gejala serupa yang dilaporkan dalam kasus asli yang menimpa diplomat AS di Havana pada tahun 2016.

Sejak serangan pertama dilaporkan di Kuba, dan setelah itu di China, para ilmuwan dan dokter memperdebatkan sebab dan akibat, tanpa kesimpulan yang seragam.

CNN mengatakan beberapa anggota Kongres telah diberitahu tentang insiden terbaru dalam briefing intelijen tertutup.

Baik Gedung Putih maupun Direktur Intelijen Nasional Avril Haines tidak membantah laporan tersebut ketika diinterogasi minggu ini.

Haines mengatakan kepada Komite Angkatan Bersenjata Senat bahwa dia tidak dapat membahas masalah ini secara terbuka karena menyangkut informasi rahasia.

Warner dan Rubio mengatakan mereka menyambut baik penyelidikan baru oleh CIA atas insiden tersebut, mencatat bahwa penting "untuk lebih memahami teknologi di balik senjata yang bertanggung jawab atas serangan ini."

"Pada akhirnya kami akan mengidentifikasi mereka yang bertanggung jawab atas serangan terhadap personel Amerika dan akan meminta pertanggungjawaban mereka," kata mereka. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA