Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Venezuela Bebaskan Enam Pekerja Minyak AS, Isyarat Baik Maduro Kepada Biden?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 01 Mei 2021, 14:01 WIB
Venezuela Bebaskan Enam Pekerja Minyak AS, Isyarat Baik Maduro Kepada Biden?
Presiden Nicolas Maduro/Net
rmol news logo Enam eksekutif perminyakan Amerika yang dipenjara di Venezuela lebih dari tiga tahun lalu, saat ini diberikan keringanan dengan memindahkannya menjadi tahanan rumah. Keputusan itu dikeluarkan pada Jumat (30/4), menunjukkan niat baik pemerintah Venezuela terhadap pemerintahan Biden.  

Keenam ekskutif itu sebelumnya ditahan atas tuduhan korupsi. Pembebasan karyawan Citgo yang berbasis di Houston itu telah dikonfirmasi oleh pihak keluarga kepada kantor berita The Associated Press.

Tomeu Vadell, Jose Luis Zambrano, Alirio Zambrano, Jorge Toledo, Gustavo Cardenas dan Jose Pereira diseret oleh agen keamanan yang menggunakan penutup wajah saat pada pertemuan di Caracas sebelum Thanksgiving pada 2017 lalu. Mereka telah dibujuk ke Venezuela untuk menghadiri pertemuan di markas besar induk Citgo, raksasa minyak milik negara PDVSA.

Keenamnya pernah sempat diberikan tahanan rumah pada Desember 2019, tetapi dua bulan kemudian kembali dijebloskan ke penjara di hari yang sama ketika Presiden Donald Trump menyambut pemimpin oposisi Juan Guaido ke Gedung Putih.

Presiden Nicolas Maduro yakin, pembebasan keenam eksekutif ini adalah langkah yang baik untuk Biden.

Pembebasan dilakukan ketika para pejabat pemerintah bertemu untuk membahas bagaimana menangani Venezuela, sebuah kediktatoran yang telah membubarkan gerakan oposisi yang tampaknya hampir mengambil alih kekuasaan tahun lalu.

Wakil Menteri Luar Negeri AS Wendy Sherman bersama agen federal akan bertemu dengan jajaran pejabat Maduro untuk mempertimbangkan opsi tentang sanksi AS.

Juan Gonzalez, direktur senior Dewan Keamanan Nasional untuk Belahan Barat, mengatakan kepada AP minggu ini bahwa dia ingin melihat 'langkah konkret oleh rezim, bukan kata-kata' dari orang kuat Nicolás Maduro. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA