Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Blinken: China Semakin Agresif!

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 03 Mei 2021, 14:59 WIB
Blinken: China Semakin Agresif!
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken/Net
rmol news logo China semakin agresif mengeluarkan pengaruhnya dalam tatanan dunia. Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengakui hal itu dalam wawancara yang disiarkan pada Senin (3/5).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Ini fakta. Apa yang telah kami saksikan selama beberapa tahun terakhir adalah China bertindak lebih represif di dalam negeri dan lebih agresif di luar negeri," kata Blinken seperti dikutip dari CBS.

China adalah satu-satunya negara di dunia yang memiliki kapasitas militer, ekonomi, dan diplomatik, untuk merusak atau menantang tatanan berbasis aturan yang telah dijaga oleh AS  selama ini, menurut Blinken.

"Tapi saya ingin memperjelas tentang sesuatu, tujuan kami bukanlah untuk menahan China! Melainnya untuk menegakkan tatanan berbasis aturan,  inilah yang menjadi tantangan bagi China,"  kata Blinken.

Presiden Joe Biden, dalam pidato pertamanya di depan Kongres pada hari Rabu, pekan lalu,  menggarisbawahi bahwa dia tidak mencari konflik dengan Beijing.

Biden telah mengatakan kepada Presiden Xi Jinping bahwa dalam persaingan untuk menjadi kekuatan dominan di abad ke-21, AS menyambut baik persaingan dan tidak mencari konflik.

AS- China telah lama bersitegang terhadap sejumlah masalah. AS mempermasalahkan langkah militer Beijing yang tegas dan masalah hak asasi manusia, termasuk apa yang digambarkan Washington sebagai genosida terhadap minoritas Uighur yang sebagian besar Muslim. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA