Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menang Telak, Banerjee Akan Disumpah Sebagai Kepala Pemerintahan Benggala Barat Pada 5 Mei

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 04 Mei 2021, 06:25 WIB
Menang Telak, Banerjee Akan Disumpah Sebagai Kepala Pemerintahan Benggala Barat Pada 5 Mei
Pemimpin Partai TMC Mamata Banerjee/Net
rmol news logo Ketua Kongres Trinamool (TMC) Mamata Banerjee, yang memimpin partainya meraih kemenangan telak dalam pemilihan parlemen di Bengal Barat, akan dilantik sebagai Kepala Pemerintahan pada Rabu (5/4).

Sekretaris Jenderal Partai TMC, Partha Chatterjee, mengatakan pada Senin (3/4), bahwa ini adalah kemenangan petahana untuk masa jabatannya yang ketiga berturut-turut.

TMC menang dalam pemilihan parlemen legislatif Bengal Barat setelah bersaing kuat dengan Partai Bharatiya Janata (BJP), partai yang dipimpin PM Narendra Modi.

India Today
melaporkan, pada Senin (3/5), Banejee dengan suara bulat terpilih sebagai pemimpin Dewan Legislatif TMC pada pertemuan partai di Kolkata.

Banejee akan mempertaruhkan klaimnya untuk membentuk pemerintah di Benggala Barat karena TMC telah memenangkan mayoritas yang jelas dalam pemilihan majelis negara bagian terbaru.

TMC yang berkuasa memenangkan 212 dari 292 kursi dalam pemilihan majelis legislatif Benggala Barat 2021. Itu artinya TMC kembali berkuasa dengan mayoritas besar. Sedangkan BJP muncul sebagai oposisi utama di negara bagian itu dengan 77 kursi.

Ini adalah kedua kalinya TMC memiliki mayoritas dua pertiga di Benggala Barat.

Meskipun BJP gagal dalam upayanya menggulingkan Banerjee dari kekuasaan, kali ini  BJP akan menjadi partai oposisi utama di majelis negara bagian, naik dari hanya tiga kursi pada 2016 menjadi 77.

Mamata Banerjee adalah seorang politikus India yang menjadi Kepala Pemerintahan Benggala Barat sejak 2011. Ia merupakan wanita pertama yang memegang jabatan tersebut.

Banerjee mendirikan partai Kongres Trinamool pada 1997 dan menjadi ketuanya, setelah memisahkan diri dari Kongres Nasional India. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA