Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cegah Pergerakan Massa Jelang Idul Fitri, Pakistan Tutup Jalur Darat Dengan Iran Dan Afghanistan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 04 Mei 2021, 06:41 WIB
Cegah Pergerakan Massa Jelang Idul Fitri, Pakistan Tutup Jalur Darat Dengan Iran Dan Afghanistan
Aparat berjaga di perbatasan saat Pakistan harus melakukan penguncian di Karachi, Pakistan/Net
rmol news logo Jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri, Pemerintah Pakistan memutuskan untuk menutup penyeberangan darat dengan Iran dan Afghanistan. Pemerintah juga memangkas penerbangan internasional setelah adanya peringatan peningkatan kasus Covid-19.

Pembatasan perbatasan dilakukan untuk mencegah terjadinya pergerakan massa antara kota dan desa, serta kembalinya pekerja migran dan warga Pakistan di luar negeri untuk merayakan Lebaran.

Para pejabat Pakistan merasa cemas bahwa negaranya akan mengalami krisis virus corona seperti yang terjadi di negara tetangga mereka, India.

Terlebih, Pakistan memiliki riwayat memilukan di mana pada tahun lalu angka kasus Covid mengalami peningkatan tinggi setelah Idul Fitri.

Otoritas Penerbangan Sipil mengatakan, mulai Rabu (5/5), 80 persen penerbangan akan ditangguhkan selama dua minggu, terutama dari Timur Tengah, hingga pertengahan Mei ketika liburan Idul Fitri berakhir.

“Persimpangan jalan kaki dengan Iran dan Afghanistan juga akan ditutup,” kata gugus tugas virus corona negara itu, menambahkan bahwa perdagangan akan dikecualikan, seperti dikutip dari AFP, Senin (3/5).

Sementara itu, penerbangan dan penyeberangan darat dengan negara tetangga India ditutup jauh sebelum terjadi pandemi akibat adanya ketegangan politik antara kedua negara.

Pakistan saat ini  sedang berjuang untuk menahan gelombang ketiga infeksi, dengan lebih dari 800.000 kasus dan 18.000 kematian yang dilaporkan.

Hanya sebagian kecil dari 220 juta penduduknya yang telah divaksinasi di negara itu.

Sejauh ini, walau kasus merangkak naik, masjid tetap buka sepanjang bulan Ramadhan dengan sedikit yang mengikuti pedoman jarak sosial.

Pertemuan pribadi, toko, dan restoran menghadapi pembatasan yang ketat, dengan tentara dimobilisasi untuk membantu menegakkan aturan.

Pemerintah juga telah mengumumkan larangan perjalanan antar provinsi selama lebih dari seminggu selama Idul Fitri dan memberlakukan penutupan hotel dan tempat-tempat wisata. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA