Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mamata Banerjee, Wanita Tangguh Pengkritik Modi Dan Salah Satu Pemimpin Wanita Terlama Di India

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 04 Mei 2021, 11:00 WIB
Mamata Banerjee, Wanita Tangguh Pengkritik Modi Dan Salah Satu Pemimpin Wanita Terlama Di India
Kepala Pemerintahan Banggala Barat, Mamata Banerjee/Net
rmol news logo Kemenangan TMC dalam pemilihan parlemen di Benggala Barat kembali mencuatkan nama seorang wanita tangguh yang selama ini kerap mengkritik kebijakan Perdana Menteri Narendra Modi.

Dialah Mamata Banerjee, yang menjadi pusat perhatian masyarakat Benggal Barat karena berhasil unggul selama tiga periode berturut-turut.

Kemenangan partainya adalah berarti kemenangan Banerjee. Ia menjadi pusat utama dalam permainan kekuatan politik India. Dengan kemenangannya itu, berarti dia menjadi salah satu kepala pemerintahan wanita terlama dalam sejarah India.

Mantan kepala pemerintahan wanita terlama lainnya adalah Sheila Dixit. Dia juga memenangkan tiga masa jabatan berturut-turut dalam pemilihan parlemen di Delhi dan tetap menjabat selama 15 tahun di Delhi.

Ketika mengetahui kemenangan Banerjee, Dixit mengungkapkan rasa bangganya.

Sekitar 2018, Dixit pernah mengomenari kekuatan Banerjee di masa pemerintahan kedua.

“Setiap menteri utama perempuan, termasuk saya, telah memenangkan pemilihan dan kemudian kalah. Begitu Anda kalah, Anda harus pergi. Saya senang Mamata Banerjee saat ini mewakili kita semua perempuan sebagai kepala menteri Benggala Barat,” katanya seeprti dikutip dari IE, Senin (3/5).

Sebelum menjadi Kepala Menteri, Banerjee yang lahir pada 5 Januari 1955, adalah Menteri Perkeretaapian, sekaligus wanita pertama yang menjabat posisi itu.

Banerjee juga pernah menjadi wanita pertama yang menjabat Menteri Batubara dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, dan Menteri Urusan Pemuda dan Olahraga.

Kelahiran Kolkata (sebelumnya adalah Kalkuta) ini adalah lulusan Jogaaya dari Devi College dan menerima gelar Sarjana Sejarah. Di kampus ini juga Banerjee memulai ketertarikannya pada dunia politik. Kemudian dia mengambil gelar master sejarah Islam dari Universitas Calcutta. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA