Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ketika Menlu Berkata Kasar Pada China, Duterte: Jangan Bersikap Tidak Sopan!

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 04 Mei 2021, 17:41 WIB
Ketika Menlu Berkata Kasar Pada China, Duterte: Jangan Bersikap Tidak Sopan<i>!</i>
Presiden Filipina Rodrigo Duterte/Net
rmol news logo Presiden Filipina Rodrigo Duterte tampak memberikan peringatan kepada Menteri Luar Negerinya, Teodoro Locsin Jr. setelah ia mencaci maki China atas konflik di Laut China Selatan.

Awal pekan ini, Locsin kehilangan kesabaran karena China tidak juga menarik kapal-kapalnya dari wilayah sengketa meski Manila telah melayangkan banyak protes diplomatik.

Di Twitter, Locsin menggunakan bahasa kasar pada China karena menolak menarik kapal dari Scarborough Shoal atau juga dikenal dengan Bajo de Masinloc, terumbu karang berbentuk cincin yang masuk ke dalam zona ekonomi eksklusif (ZEE) Filipina.

"China, temanku, seberapa sopan aku bisa mengatakannya? Coba aku lihat ... O... GET THE F--- OUT," cuitnya.

"Apa yang kamu lakukan untuk persahabatan kita? Kamu. Bukan kami. kami serang mencoba. Kamu. Kamu seperti orang bodoh yang memaksakan perhatian Anda pada pria tampan yang ingin menjadi teman," tambahnya.

Cuitan tersebut lantas menarik banyak perhatian hingga pada Selasa (4/5), Locsin membuat pernyataan permintaan maafnya kepada Menteri Luar Negeri China, Wang Yi.

"Jika Wang Yi berada Twitter, maka saya minta maaf karena meyakiti perasaannya, tetapi itu untuk dirinya sendiri," ujarnya.

Sementara itu, dalam jumpa pers, Duterte mengatakan bahwa China adalah dermawan bagi Filipina, di mana Beijing memberikan banyak vaksin Covid-19 pada Manila.

"Hanya karena kami memiliki konflik dengan China tidak berarti kami harus bersikap kasar dan tidak sopan," kata Duterte.

Alih-alih membuat pernyataan keras pada China, Duterte mendesak Beijing untuk mengizinkan warga Filipina untuk memancing dengan damai di Laut China Selatan. Ia juga berkomitmen untuk tidak merebut kembali perairan yang disengketakan jika terpilih kembali menjadi presiden. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA