Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Malaysia Rilis Aturan Covid-19 Saat Lebaran, Kunjungan Dibatasi Hingga Open House Dilarang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 05 Mei 2021, 06:52 WIB
Malaysia Rilis Aturan Covid-19 Saat Lebaran, Kunjungan Dibatasi Hingga Open House Dilarang
Menteri Pertahanan Malaysia Ismail Sabri Yaakob/Net
rmol news logo Pemerintah Malaysia telah mengeluarkan aturan pembatasan Covid-19 terkait pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri.

Menteri Pertahanan Ismail Sabri Yaakob pada Selasa (4/5) mengumumkan, bahwa wilayah yang berada di bawah Movement Control Order (MCO) hanya akan diizinkan untuk melakukan kunjungan pada hari pertama Idul Fitri, yaitu pada 13 Mei.

Adapun jumlah orang yang melakukan kunjungan dibatasi, maksimal 15 orang pada satu waktu tergantung ukuran rumah.

Sementara bagi wilayah yang berada di bawah Conditional Movement Control Order (CMCO) dan Recovery Movement Control Order (RMCO), kunjungan diperbolehkan selama tiga hari pertama Idul Fitri, mulai 13 Mei hingga 15 Mei.

Jumlah orang dalam kunjungan di wilayah CMCO maksimal 20 orang, sedangkan RMCO 25 orang.

"Ini juga tergantung pada ukuran rumah dan mengharuskan setiap orang menjaga jarak secara sosial," kata Ismail Sabri, seperti dikutip CNA.

Di sisi lain, wilayah yang masuk ke dalam Enhanced Movement Control Order (EMCO) dilarang melakukan kunjungan selama Idul Fitri.

Ismail Sabri menuturkan, setiap tuan rumah juga diminta untuk menyiapkan termometer untuk mengecek suhu tamu dan menggunakan kode QR MySejahtera untuk menyimpan catatan pengunjung.

"Ini untuk memastikan keselamatan kita sebagai tuan rumah dan kedua, jika ada kasus yang terkonfirmasi (Covid-19), kita bisa melakukan contact tracing pada semua pengunjung," jelasnya.

Ismail Sabri mengatakan, shalat Idul Fitri diizinkan di seluruh wilayah kecuali EMCO. Namun setiap negara bagian akan menentukan jumlah maksimal jemaah dan protokol kesehatan yang diperlukan.

Ziarah selama Idul Fitri hanya diizinkan untuk wilayah yang dikategorikan CMCO dan RMCO, dengan batasan enam pengunjung setiap kuburan. Ziarah juga tidak boleh dilakukan lebih dari 30 menit.

Adapun secara nasional, acara open house tidak akan diizinkan.

Selama sebulan terakhir, kasus Covid-19 di Malaysia meningkat. Totalnya, Malausia sudah mencatat 420.632 kasus Covid-19, dengan rekor tertinggi muncul pada Jumat lalu (30/4), yaitu 3.788 kasus Covid-19. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA