Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dewan Pengawas Facebook Bergulat Dengan Keputusan Apakah Trump Sudah Boleh Kembali Ke Media Sosialnya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 05 Mei 2021, 13:48 WIB
Dewan Pengawas Facebook Bergulat Dengan Keputusan Apakah Trump Sudah Boleh Kembali Ke Media Sosialnya
Ilustrasi/Montage: Reuters
rmol news logo Dewan Pengawas Facebook akan memutuskan apakah mantan Presiden AS Donald Trump dapat kembali ke Facebook dan Instagram.

Dewan Pengawas Facebook, atau sering disebut sebagai 'Mahkamah Agung Facebook' dibentuk oleh bos Facebook Mark Zuckerberg, dengan masksud bertugas untuk menilai keputusan moderasi yang sulit atau kontroversial yang dibuat oleh Facebook.

Dewan Pengawas ini terdiri dari jurnalis, aktivis hak asasi manusia, pengacara dan akademisi. Mereka beroperasi sebagai entitas independen, meskipun gaji dan biaya lainnya ditanggung oleh Facebook.

Dewan Pengawas tersebut diharapkan mengumumkan temuannya pada Rabu pagi, waktu setempat, menurut media AS, seperti dikutip dari BBC, Rabu (5/5)

Dewan Pengawas Facebook akan mengumumkan keputusannya bulan lalu tetapi menunda keputusan tersebut untuk meninjau lebih dari 9.000 tanggapan publik terhadap kasus-kasus tersebut, katanya.

Keputusan hari Rabu tentang Trump ditetapkan menjadi keputusan terbesar yang diambil dewan sejak dibentuk tahun lalu. Keputusan tersebut tidak dapat diajukan banding dan tidak dapat dibatalkan oleh karyawan Facebook mana pun.

Trump di-banned dari meda sosial Facebook dan Twitter pada Januari setelah kerusuhan Capitol Hill.

Belakangan, Trump meluncurkan situs web baru pada hari Selasa untuk memberikan wadah bagi pendukung. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA