Farah.ID
Farah.ID

MUI: AS Hingga Uni Eropa Perlu Tekan Israel Agar Tak Halangi Pemilu Palestina

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 05 Mei 2021, 19:54 WIB
MUI: AS Hingga Uni Eropa Perlu Tekan Israel Agar Tak Halangi Pemilu Palestina
Palestina/Net
Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyambut dengan gembira serta memberikan dukungan penuh kepada rakyat dan bangsa Palestina untuk menggelar pemilihan umum (pemilu), sebagai satu langkah strategis menuju kemerdekaan.

Palestina berencana untuk menggelar pemilu legislatif pada 22 Mei 2021. Pemilu ditujukan sebagai instrumen untuk konsolidasi politik menuju Palestina yang merdeka, berdaulat, bebas dari kekuasaan imperialis Israel, dan membangun perdamaian sejati.

Namun, dalam keterangan tertulisnya yang diterima redaksi pada Rabu (5/5), MUI menyadari bahwa pemerintahan Israel tidak rela dan berusaha sekuat mungkin untuk menghalangi kebebasan rakyat Palestina, khususnya di al-Quds.

Kelompok ekstrem kanan Yahudi laporkan berusaha mengusir warga Palestina. Pemerintah israel memberlakukan pembatasan kegiatan beribadah di Al-Aqsha bagi warga Palestina, baik Muslim maupun Kristen. Selain itu juga terjadi serangan terhadap rumah-rumah warga Palestina.

Tindakan-tindakan tersebut memicu kemarahan dan tanggapan dari warga Palestina hingga ketegangan hingga konflik berdarah terjadi.

Menanggapi situasi tersebut, MUI menegaskan bahwa pemilu harus dijamin bisa berjalan sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi, terbebas dari tekanan, dan intervensi pihak manapun.

"Apa yang dilakukan oleh pemerintah Zionis Israel dan kelompok Yahudi ekstrem selain merusak kedaulatan sosial dan agama warga, juga jelas menunjukkan bahwa pemerintah Israel tidak menunjukkan itikad baik untuk menciptakan perdamaian. Sikap arogansi Israel ini harus dihentikan dan kerena itu MUI mengecam keras tindakan-tindakan tersebut," jelas MUI.

Selain itu, MUI juga menyerukan agar komunitas internasional memberikan tekanan kepada Israel, baik melalui Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) maupun Organisasi Kerja sama Islam (OKI).

Di bawah kepemimpinan Presiden Joe Biden, Amerika Serikat (AS), telah menunjukkan sikap yang jauh lebih empati terhadap Palestina sehingga dapat menekan Israel untuk tidak menghalangi atau menggagalkan pemilu Palestina demi perdamaian di kawasan.

"Amerika dan bahkan negara-negara yang tergabung dalam Uni Eropa, misalnya, juga mempunyai posisi atau peran yang sangat penting di samping untuk ikut serta meyakinkan dan menekan Israel menghentikan provokasi dan tindakan-tindakan brutal, juga mengamankan pelaksanaan pemilu di Palestina," jelas MUI.

Selain itu, MUI juga mengapresiasi upaya pemerintah Indonesia yang konsisten membela perjuangan rakyat dan bangsa Palestina.

"MUI memberikan apresiasi dan mendorong untuk terus melakukan langkah-langkah penting dan menentukan melalui berbagai forum internasional bagi pelaksanaan pemilu yang damai di Palestina," pungkasnya.

ARTIKEL LAINNYA