Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Warga Australia Terjebak Di India Lebih Dari Setahun, Tuntut Pemerintahan Morrison Karena Pelarangan Pulang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 06 Mei 2021, 00:11 WIB
Warga Australia Terjebak Di India Lebih Dari Setahun, Tuntut Pemerintahan Morrison Karena Pelarangan Pulang
Ilustrasi/Net
rmol news logo Seorang pria warga Melbourne Australia menuntut pemerintahan Scott Morrison yang telah mengeluarkan larangan perjalanan ke Australia.

Ia menantang keabsahan keputusan pemerintah federal yang membuat aturan pelarangan perjalanan pulangnya dari India sebagai 'kejahatan pelanggaran' padahal ia adalah warga negara Australia yang sah.
Gary Newman, 73 tahun, telah terjebak di India selama lebih dari setahun. Kepergiannya ke India untuk mengunjungi teman-temannya pada Maret tahun lalu, ketika pandemi mulai menguar ke beberapa negara. Dia tidak dapat kembali lagi ke Australia karena penguncian yang panjang.

Ketika baru-baru ini Perdana Menteri Scott Morrison mengumumkan bahwa otoritas akan mendenda atau bahkan memenjarakan warga Australia yang terdampar di India dan nekat pulang ke Australia pada saat-saat ini, ia pun bertambah meradang.

Menurutnya, peraturan itu perlu dipertanyakan. Dia telah mengajukan tuntutan ke pengadilan federal di Sydney yang diwakili oleh pengacaranya, Michael Bradley dan Chris Ward SC.

Newman dan dua pengacaranya itu berpendapat deklarasi darurat dari Menteri Kesehatan Greg Hunt dan PM Scot Morrison di bawah Undang - Undang Keamanan Hayati tidak valid karena merampas  kebebasan untuk dapat kembali ke rumah.

Menteri Kesehatan Greg Hunt menolak mengomentari kasus tersebut saat menggelar konferensi pers di Melbourne pada Rabu (5/5).

Dia mengatakan 'jeda' perjalanan dari India ke Australia adalah demi kebaikan bersama dan itu harus berhasil agar mencegah penyebaran virus.

"Satu atau lebih, dari delapan penumpang pada penerbangan terakhir, dinyatakan positif," katanya, seperti dikutip dari ABC News.

"Itu adalah level yang melampaui apa pun yang pernah kami lihat sebelumnya," katanya. Menekankan bahwa tugas pemerintahan adalah melindungi warganya dari krisis kesehatan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA