Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wabah Covid India Mulai Menyerang Nepal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 06 Mei 2021, 06:09 WIB
Wabah Covid India Mulai Menyerang Nepal
Direktur Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah regional Asia Pasifik, Alexander Matheou/Net
rmol news logo Wabah Covid-19 India yang saat ini telah menyebar ke seluruh Asia Selatan berimbas pada lonjakan kasus di Nepal. yang membuat negara itu semakin kewalahan menangani serangan varian baru virus mematikan itu.

Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah mengatakan agar semua segera bertindak.

“Kita perlu bertindak sekarang dan kita harus bertindak cepat untuk memiliki harapan mengatasi bencana manusia ini,” kata pernyataan itu, seperti dikutip dari Bangkok Post, Rabu (5/5).

Direktur Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah regional Asia Pasifik, Alexander Matheou, mengatakan bahwa virus bisa melintas perbatasan kapan saja dia mau.

“Virus ini tidak mengenal  perbatasan dan varian ini merajalela di seluruh Asia," kata Matheou.

Saat ini Nepal mencatat 57 kali lebih banyak kasus dibandingkan sebulan lalu, dengan 44 persen tes sekarang kembali positif, kata pernyataan itu. Kota-kota di Nepal di dekat perbatasan India tidak dapat mengatasi meningkatnya jumlah orang yang membutuhkan perawatan, sementara hanya 1 persen dari populasi negara itu yang telah divaksinasi penuh.

“Apa yang terjadi di India saat ini adalah pratinjau mengerikan dari masa depan Nepal jika kita tidak dapat menahan gelombang Covid terbaru yang merenggut lebih banyak nyawa dari menit ke menit,” kata Netra Prasad Timsina, ketua Palang Merah Nepal.

“Sangat menyedihkan melihat bahwa orang tidak dapat mengucapkan selamat tinggal kepada orang yang mereka cintai karena kremasi berlangsung pada tingkat rekor karena varian Covid baru ini, yang menyerang orang-orang dari segala usia di Nepal,” ujarnya.

Pernyataan itu mencatat bahwa tetangga lain India, Pakistan dan Bangladesh juga berada dalam bahaya ketika wabah menyebar. Unit perawatan intensif rumah sakit di kedua negara tetangga itu penuh atau mendekati kapasitas, katanya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA