Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Australia Temukan Kasus Covid-19 Misterius, Tiba-tiba Muncul Tanpa Sumber Penularan Yang Jelas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 06 Mei 2021, 09:27 WIB
Australia Temukan Kasus Covid-19 Misterius, Tiba-tiba Muncul Tanpa Sumber Penularan Yang Jelas
Tes Covid-19 drive thru/Net
rmol news logo Australia meningkatkan kewaspadaan setelah muncul satu kasus Covid-19 di komunitas dengan sumber infeksi yang masih misterius.

Kasus tersebut melibatkan seorang pria berusia 50-an di Sydney, dan dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 pada Rabu (5/5). Namun pejabat kesehatan dibuat bingung lantaran ia tidak memiliki hubungan atau pekerjaan yang berisiko tinggi.

Ia menjadi kasus Covid-19 pertama di New South Wales (NSW) sejak 31 Maret lalu.

Berdasarkan tes, viral load pada pria itu lebih tinggi daripada yang biasanya ditemukan pada orang yang terinfeksi. Tingginya viral load sendiri dapat meningkatkan tersebarnya penyakit.

Departemen kesehatan negara bagian NSW mengatakan, pria itu dianggap telah menularkan virus sejak 30 April.

Dimuat Reuters, otoritas kemudian mengeluarkan peringatan yang berisi daftar lebih dari selusin tempat yang pernah dikunjungi pria itu dalam beberapa hari terakhir, termasuk restoran, kafe, hingga pusat perbelanjaan.

Pada Kamis (6/5), otoritas juga masih menyelidiki kasus tersebut secara genetik, untuk melihat apakah terkait dengan kasus di sistem karantina atau di negara bagian lain. Mereka juga memeriksa varian virus mana yang menginfeksinya.

Australia menjadi satu di antara sedikit negara yang mampu mengontrol penyebaran Covid-19 dengan sistem pelacakan, pembatasan pergerakan, hingga penutupan perbatasan.

Sejauh ini Australia sudah mencatat 29.865 kasus Covid-19, dengan 910 kematian sejak pandemi dimulai tahun lalu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA