Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Khawatir Jatuh Di Wilayah Yang Dihuni, AS Awasi Pergerakan Roket China Long March 5B

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 06 Mei 2021, 10:45 WIB
Khawatir Jatuh Di Wilayah Yang Dihuni, AS Awasi Pergerakan Roket China Long March 5B
Roket Long March 5B milik China ketika diluncurkan/Net
rmol news logo Amerika Serikat (AS) mengaku terus mengawasi pergerakan dari puing-puing roket milik China, Long March 5B, yang kemungkinan akan jatuh tanpa kendali ke Bumi dalam beberapa hari mendatang.

Akhir April lalu, China berhasil meluncurkan modul utama Tianhe atau Harmoni Langit untuk membangun stasiun luar angkasanya sendiri Tiangong, yang berarti Istana Surgawi.

Modul Tianhe sendiri dibawa ke orbit oleh roket Long March 5B seberat 21 ton, dan berhasil dilepaskan.

Namun roket sendiri diperkirakan akan jatuh ke Bumi tanpa kendali. Sebelumnya radar militer AS melacak roket sepanjang 30 meter itu melaju dengan kecepatan 7 km per detik, mengelilingi Bumi setiap 90 menit.

Dimuat SpaceNews, puing-puing tersebut dapat jatuh di mana saja, termasuk wilayah yang dihuni di New York ataupun Wellington, Selandia Baru. Meski kemungkinan besar mendarat di laut.

Angkatan Udara AS sendiri memperkirakan inti roket akan jatuh di Samudra Pasifik pada akhir pekan ini.

Kemudian pada Rabu (5/5), Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki mengatakan, Komando Luar Angkasa AS terus melacak roket tersebut.

"Komando Luar Angkasa AS mengetahui dan melacak lokasi Long March 5B China di luar angkasa," kata Psaki, seperti dikutip Sputnik.

Psaki menekankan AS berkomitmen untuk mengatasi risiko kemacetan akibat puing-puing luar angkasa dan meningkatnya aktivitas di luar angkasa.

"Kami ingin bekerja dengan komunitas internasional untuk mempromosikan kepemimpinan dan perilaku ruang yang bertanggung jawab", katanya.

"Ini adalah kepentingan bersama dari semua negara untuk bertindak secara bertanggung jawab di luar angkasa untuk memastikan keselamatan, stabilitas, keamanan, dan keberlanjutan jangka panjang tentang aktivitas luar," tambahnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA