Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pashinyan: Rusia Banyak Mengulurkan Tangan Untuk Armenia, Mulai Dari Perdamaian Hingga Pandemi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 07 Mei 2021, 06:26 WIB
Pashinyan: Rusia Banyak Mengulurkan Tangan Untuk Armenia, Mulai Dari Perdamaian Hingga Pandemi
Mantan PM Armenia Nikol Pashinyan/Net
rmol news logo Peran Rusia untuk Armenia dipandang cukup kuat. Nikol Pashinyan memuji Rusia yang banyak membantu negaranya untuk perdamaian perang di Nagorno-Karabakh serta penanganan pandemi Covid-`9..

'Uluran tangan' sangat membantu posisi Armenia, menurut pejabat negara yang baru-baru ini mundur dari posisinya sebagai Perdana Menteri itu. Berkat upaya Moskow, permusuhan dapat dihentikan dan mencapai de-eskalasi substansial di wilayah tersebut.

"Selama masa-masa sulit, Federasi Rusia mengulurkan tangan untuk kami, membantu memecahkan masalah yang disebabkan agresi terhadap Nagorno-Karabakh dan pandemi Covid-19. Berkat upaya Federasi Rusia, permusuhan dapat dihentikan.

"Kehadiran pasukan penjaga perdamaian Rusia adalah jaminan kuat keamanan Nagorno-Karabakh. Saya ingin mencatat peran Presiden (Vladimir Putin) dari Federasi Rusia dalam mencapai perdamaian di wilayah tersebut," tegasnya, usai pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov, seeprti dilaporkan Tass.

Setelah pengerahan pasukan penjaga perdamaian, situasi menjadi stabil. Ribuan penduduk Nagorno-Karabakh yang meninggalkan rumah mereka selama permusuhan, kembali dengan dukungan pasukan penjaga perdamaian, menurut Pashinyan.

Rusia juga membantu Armenia dalam hal pasokan vaksin. Pada April, gelombang pertama vaksin Covid-19 Sputnik V dikirim ke Armenia. Belakangan, para pihak mencapai kesepakatan pembelian 1 juta dosis vaksin.

Yerevan juga mengatakan sedang dalam pembicaraan dengan Moskow tentang peluncuran produksi vaksin di dalam negeri dengan maksud untuk memproduksi hingga 100.000 dosis per bulan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA