Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Patung Kepala Kaisar Romawi Berusia 2.000 Tahun Ditemukan Arkeolog Italia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 07 Mei 2021, 13:34 WIB
Patung Kepala Kaisar Romawi Berusia 2.000 Tahun Ditemukan Arkeolog Italia
Patung marmer Kaisar Romawi, Augustus Caesar/Net
rmol news logo Arkeolog Italia, Francesco Giancola, bersama tim menemukan patung kepala kaisar pertama kekaisaran Romawi, Augustus Caesar.

Patung itu ditemukan saat ia merenovasi tembok kota bersejarah Isernia yang runtuh diterpa hujan lebat pada 2013 lalu. Kota Isemia dibangun selama periode kekaisaran Roma.

Ini adalah penemuan lar biasa. Sayangnya, bagian hidung patung hilang.

Giancola mengidentifikasi sosok itu sebagai Augustus, putera angkat Julius Caesar yang merupakan kasiar pertama Roma, karenagaya rambut 'ekor burung layang', telinga yang menonjol, serta dan rambut yang khas seperti koma.

Kepala tersebut kemungkinan besar telah terlepas dari patung yang tingginya lebih dari 2 meter (6 kaki 7 inci).

Giancola tidak menduga ia akan mendapatkan penemuan besar itu. Ia bercerita, saat ia menggali, tiba-tiba ia melihat warna putih di antara galian. Ia merasa penasaran dan terus menggali dengan hati-hati.

"Jadi kami terus menggali dengan sekop presisi. Lalu sebongkah marmer telah keluar. Saya segera melihat bahwa itu adalah kepala yang saya kenali sebagai patung Augustus karena rambut dan bentuk serta potongan matanya," kata Giancola seperti dikutip dari CNN.

Giancola segera menelepon pihak berwenang, walikota, dan kementerian warisan budaya, menyerahkan patung setinggi 35 sentimeter itu yang diperkirakan berusia 2.000 tahun.

Menurut Giancola patung itu biasanya ditempatkan dikuil yang didedikasikan untuk pemujaan keluarga kekaisaran, atau di aula atau di ruang penting. Sehingga menjadi pertanyaan baginya, mengapa ia (patung itu) ada di lokasi yang ia gali.

Rekan lain terharu atas penemuan mereka ini. Itu adalah momen yang akan mereka ingat selamanya.

Patung itu terbuat dari marmer Lunigiana yang sama yang digunakan oleh seniman Renaisans Italia Michelangelo , dan itu menggambarkan seorang Augustus Oktavianus muda, yang menjadi kaisar pertama Roma pada 27 SM.

Para peneliti mengatakan bahwa penemuan itu membuktikan keberadaan Romawi di koloni kuno, yang pada saat itu dikenal sebagai Aesernia atau Isernia, yang pernah memiliki kepentingan strategis sebagai pintu gerbang ke seluruh Italia.

Belum ada tanggal pasti untuk patung itu yang diumumkan tetapi penggambarannya sejalan cocok dengan Augustus of Primaporta, patung marmer kaisar terkenal yang berasal dari tahun 20 SM.

Para arkeolog lainnya sepaham dengan Giancola bahwa itu adalah patung kepala Augustus, karena gaya rambut 'ekor burung layang' -nya yang ikonik dengan untaian rambut tebal yang dibelah dalam bentuk V yang khas, dengan telinga menonjol dan kunci lebar.

Augustus selalu ditampilkan sebagai orang yang dicukur bersih dan, meskipun ia hidup sampai 76 tahun, sebagai seorang pria di akhir masa remajanya atau awal 20-an.

Augustus memerintah Roma sejak 27 SM sampai kematiannya pada 14 M. Ia mengawasi ekspansi kekaisaran ke Mesir dan bagian lain di Afrika. Pada 295 SM, Roma merebut kendali Isernia dari Samnites, orang Italia kuno di Italia tengah-selatan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA