Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Diplomat G7 Bidik China-Rusia Hingga Belarusia Terkait Isu Pelanggaran HAM Dan Kekerasan

LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 07 Mei 2021, 14:03 WIB
Diplomat G7 Bidik China-Rusia Hingga Belarusia Terkait Isu Pelanggaran HAM Dan Kekerasan
Menlu AS Antony Blinken/Net
Para diplomat papan atas dari negara-negara G7 mengeluarkan pernyataan bersama yang isinya menyoroti China dalam sejumlah masalah yang mengganggu. Mulai dari dugaan pelanggaran hak asasi manusia hingga tindakannya di Taiwan dan serangan di dunia maya.

"Kami mendorong China, sebagai kekuatan utama dan ekonomi dengan kemampuan teknologi canggih, untuk berpartisipasi secara konstruktif dalam sistem internasional berbasis aturan," kata pernyataan itu, yang secara khusus menjelaskan perlakuan Beijing terhadap Muslim Uighur, seperti dikutip dari Japan Times, Jumat (7/5).

“Kami terus sangat prihatin tentang kekerasan dan pelanggaran hak asasi manusia di Xinjiang dan di Tibet. Terutama penargetan Uighur, anggota kelompok etnis dan agama minoritas lainnya, dan keberadaan jaringan kamp 'pendidikan ulang politik' berskala besar, ​​dan laporan sistem kerja paksa dan sterilisasi paksa," kata para menteri setelah dua hari pembicaraan di London.

Selain China, dokumen tersebut juga membidik tindakan Rusia yang dianggap 'merusak sistem demokrasi negara lain, aktivitas dunia maya yang berbahaya, dan penggunaan disinformasi'.

G7 juga memperbarui seruan kepada Rusia untuk menyelidiki dugaan penggunaan senjata kimia dalam meracuni Alexey Navalny.

Pernyataan itu juga menyentuh Belarus dan krisis politik dan hak asasi manusia di sana pasca pemilihan presiden Agustus 2020 yang dianggap curang.

Selain itu, mereka juga mengutuk kudeta di Myanmar, dan menegaskan kembali komitmen untuk mencapai pemulihan penuh kesepakatan nuklir 2015 dengan Iran.

Ini juga secara tegas mendukung partisipasi berarti di Taiwan dalam Forum Organisasi Kesehatan Dunia.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA