Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kanada Termasuk Negara Paling Dermawan Di Dunia Dalam Bantuan Penanganan Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 08 Mei 2021, 13:45 WIB
Kanada Termasuk Negara Paling Dermawan Di Dunia Dalam Bantuan Penanganan Covid-19
Perdana Menteri Justin Trudeau/Net
rmol news logo Kanada berkomitmen untuk membuat vaksin Covid-19 tersedia di seluruh dunia.

Perdana Menteri Justin Trudeau mengatakan negaranya memahami bahwa pandemi ini tidak akan selesai jika masih ada negara yang mengalami wabah terburuk itu.

Dalam briefingnya pada Jumat (7/5)  mengenai Covid-19 ia menekankan akan mempertimbangkan untuk melepaskan hak kekayaan intelektual (IP) yang dinikmati oleh pembuat vaksin untuk meningkatkan akses itu.

Ia mengakui negara-negara miskin membutuhkan lebih banyak dosis dengan cepat.

CBC melaporkan, Trudeau kemudian mengumumkan pemberian 375 juta dolar AS dalam pendanaan baru untuk Access to Covid-19 Tools (ACT) Accelerator untuk membantu mengembangkan, memproduksi dan mendistribusikan diagnostik, terapeutik dan vaksin untuk negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Komitmen itu meruoaka bagian dari 940 juta dolar AS yang telah dijanjikan Kanada kepada ACT dan Fasilitas COVAX, inisiatif berbagi vaksin global.

Dengan investasi ini, Kanada sekarang berada di antara negara paling dermawan di dunia dalam hal dukungan bagi negara-negara berkembang yang berjuang untuk mendapatkan suntikan Covid-19.

Kanada terjebak di tengah perselisihan ideologis antara negara-negara Barat tentang masalah IP.

Presiden AS Joe Biden mengatakan pekan ini bahwa pemerintahannya tidak akan memblokir upaya untuk melonggarkan perlindungan IP.

Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan dia menentang langkah tersebut, dengan alasan bahwa tindakan itu mengancam perusahaan yang mengembangkan obat-obatan inovatif, sementara mereka tidak bisa berbuat banyak untuk memperbaiki krisis pasokan vaksin global karena hanya sedikit negara yang diperlengkapi untuk membuat produk mRNA seperti yang ditawarkan oleh Pfizer dan Moderna.

Kanada menekankan ia berada di posisi netral demi penanganan krisis kesehatan.

Ditanya apakah posisi netralnya didorong oleh ketakutan akan pembalasan dari perusahaan farmasi yang menentang rezim IP yang baru, Trudeau mengatakan Kanada ingin menjadi mediator antara kedua pihak. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA