Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bentrokan Di Yerusalem, Paus Fransiskus: Kekerasan Melahirkan Kekerasan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 10 Mei 2021, 07:41 WIB
Bentrokan Di Yerusalem, Paus Fransiskus: Kekerasan Melahirkan Kekerasan
Paus Fransiskus/Net
rmol news logo Paus Fransiskus menanggapi peristiwa bentrokan yang meletus antara petugas polisi Israel dan warga Palestina di Masjid Al-Aqsa.

Dia mengatakan bahwa dirinya memantau perkembangan di Yerusalem dengan cemas, seraya mendesak para pemangku kepentingan untuk mencari solusi sambil menghormati Kota Suci tersebut.

Paus menyatakan hal tersebut kepada para peziarah yang berkumpul di Lapangan Santo Petrus di Roma pada Minggu (9/5) waktu setempat.

"Identitas multi-agama dan multi-budaya kota suci harus dihormati. Kekerasan melahirkan kekerasan, hentikan bentrokan," katanya, seperti dikutip dari Anadolu Agency, Minggu (9/5).

Ketegangan di Yerusalem Timur telah meluas menjadi bentrokan antara polisi Israel dan para pengunjuk rasa yang terdiri dari banyak warga Palestina di sekitar al-Aqsa, masjid tersuci ketiga umat Islam, pada puncak bulan puasa Ramadhan tahun ini.

Mereka memprotes penggusuran paksa yang dilakukan polisi Israel.

Protes itu terjadi ketika Pengadilan Pusat Israel di Yerusalem Timur menyetujui keputusan untuk mengusir tujuh keluarga Palestina dari rumah mereka demi pemukim Israel pada awal tahun ini.

Pada Jumat (7/5) aparat membentuk barisan untuk menanggapi aksi protes yang semakin meluas di komplek masjid A Aqsa. Pemrotes yang mulai melempari batu disambut petugas dengan granat setrum dan meriam air.

Pada Sabtu malam, yang bertepatan degan perungatan malam Lailatul Qadar, petugas Israel dengan menunggang kuda dan mengenakan perlengkapan anti huru hara menghalau para pemrotes. Mereka menangkapi orang-orang yang mencoba membuat onar yang  melempar batu, menyalakan api, dan merobohkan barikade polisi di jalan-jalan menuju gerbang Kota Tua.

Setidaknya 290 warga Palestina telah terluka oleh pasukan Israel sejak Jumat, menurut Bulan Sabit Merah Palestina. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA