Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

India Kewalahan, Ribuan Pasien Covid-19 Menghilang Dari Rumah Sakit

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 10 Mei 2021, 15:52 WIB
India Kewalahan, Ribuan Pasien Covid-19 Menghilang Dari Rumah Sakit
Pasien Covid-19 di India/Net
rmol news logo India cukup kewalahan menangani gelombang terbaru Covid-19, di mana fasilitas kesehatan penuh dengan pasokan oksigen yang kurang.

Baru-baru ini, otoritas juga disibukkan dengan insiden hilangnya pasien Covid-19 yang sedang dirawat di rumah sakit.

Pemerintah Delhi bahkan mengerahkan kekuatan untuk menyelidiki insiden hilangnya pasien di rumah sakit di seluruh kota.

Walikota Kepala Negara Manish Sisodia mengatakan, pihaknya telah meminta Kementerian Kesehatan untuk menyelidiki insiden tersebut dan menyerahkan laporannya dalam waktu dua hari.

"Tidak hanya membahayakan nyawa pasien, tapi juga kemunduran terhadap upaya pemerintah yang memberlakukan jam malam/lockdown untuk memutus rantai dan memeriksa penyebaran penyakit ini," ujar dia, seperti dikutip Sputnik, Senin (10/5).

Selama sebulan terakhir, beberapa otoritas rumah sakit melaporkan kepada polisi setempat mengenai hilangnya pasien Covid-19.

"Kami tidak memiliki laporan informasi pertama dalam hal ini. Namun, tampaknya dalam banyak kasus, pasien menemukan fasilitas yang lebih baik di rumah sakit lain dan pindah ke sana. Sementara beberapa pulang ke rumah atau ke tempat lain. Bahkan jika mereka melakukan itu, itu salah untuk keluar dari rumah sakit tanpa memberi tahu pihak berwenang. Mereka positif Covid dan dapat menginfeksi orang lain," jelas seorang petugas polisi di Delhi.

Bulan lalu, sekitar 3.000 orang yang dites positif Covid-19 di Silicon City Bengaluru dinyatakan hilang.

Menurut polisi setempat, departemen tersebut menghadapi masalah dalam melacak orang yang hilang karena kebanyakan dari mereka telah mematikan ponsel mereka.

Peristiwa hilangnya pasien Covid-19 terjadi ketika Delhi menghadapi lonjakan besar Covid-19 setiap harinya. Pada Minggu (9/5) saja, Delhi melaporkan 13.336 kasus Covid-19 dalam sehari.

Sementara secara nasional, India melaporkan 366.161 kasus harian Covid-19 pada Minggu. Totalnya, India sudah mencatat 22,6 juta kasus Covid-19. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA