Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Iran Benarkan Adanya Komunikasi Dengan Arab Saudi Demi Perbaiki Hubungan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 10 Mei 2021, 16:43 WIB
Iran Benarkan Adanya Komunikasi Dengan Arab Saudi Demi Perbaiki Hubungan
Jurubicara Kementerian Luar Negeri Iran, Saeed Khatibzadeh/Net
rmol news logo Iran secara terbuka membenarkan adanya komunikasi dengan Arab Saudi untuk menyelesaikan berbagai persoalan di antara kedua negara.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh pada Senin (10/5) mengatakan pihaknya akan melakukan apa yang bisa dilakukan demi menurunkan ketegangan dua negara di kawasan tersebut.

"Menurunnya ketegangan antara dua negara Muslim di kawasan Teluk Persia adalah kepentingan kedua negara dan kawasan itu," ujar Khatibzadeh, seperti dikutip Reuters.

"Kami menyambut baik penyelesaian masalah yang telah ada antara kedua negara. Kami akan menggunakan upaya terbaik kami dalam hal ini," tambahnya.

Pekan lalu, kepala perencanaan kebijakan di Kementerian Luar Negeri Arab Saudi, Dutabesar Rayed Krimly mengatakan, pembicaraan kedua belah pihak bertujuan untuk mengurangi ketegangan di kawasan. Namun ia juga menyebut masih telalu dini untuk menilai hasilnya.

Iran dan Arab Saudi telah lama bersaing dalam konflik proksi di seluruh wilayah, dari Yaman hingga Suriah dan Irak. Keduanya juga memutuskan hubungan diplomatik pada 2016.

Namun kehadiran Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengubah situasi di Timur Tengah.

Saat ini, Washington bertujuan untuk memulai kembali kesepakatan nuklir Iran yang telah ditinggalkan oleh pendahulunya, Donald Trump. Biden juga menyerukan agar Arab Saudi mengakhiri perang melawan Houthi yang pro Iran di Yaman. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA