Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Aung San Suu Kyi Akan Hadiri Persidangan Secara Langsung Untuk Pertama Kalinya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 10 Mei 2021, 21:03 WIB
Aung San Suu Kyi Akan Hadiri Persidangan Secara Langsung Untuk Pertama Kalinya
Aung San Suu Kyi/Net
rmol news logo Pemimpin sipil Myanmar yang digulingkan, Aung San Suu Kyi, telah diperintahkan menghadiri persidangan secara langsung pada 24 Mei mendatang.

Itu merupakan pertama kalinya Aung San Suu Kyi akan tampil ke hadapan publik setelah ia menjadi tahanan rumah sejak militer merebut kekuasaan pada 1 Februari.

Sejak ditahan, ia menghadapi serangkaian tuduhan dari junta militer. Dalam beberapa persidangan yang digelar di Naypyidaw sendiri, ia hanya hadir secara virtual.

Selama sidang terakhir pada Senin (10/5), hakim memerintahkan agar sidang selanjutnya dilakukan di ruang sidang khusus dekat kediaman Aung San Suu Kyi agar peraih Nobel tersebut dapat hadir secara tatap muka.

"Dia akan hadir secara langsung di pengadilan pada 24 Mei," kata pengacaranya, Khin Maung Zaw kepada AFP.

Kendati begitu, Khin Maung Zaw memperingatkan, kehadiran Aung San Suu Kyi bukan berarti ia dapat bertemu dengannya secara pribadi.

"Masalahnya belum terselesaikan karena polisi tidak menjawab apakah mereka bisa mengatur pertemuan kami," jelasnya.

Sejak ditahan, Aung San Suu Kyi telah didakwa enam kali. Kasus-kasus tersebut meliputi pelanggaran pembatasan Covid-19 selama kampanye pemilu tahun lalu, hingga kepemilikan walkie-talkie ilegal.

Tuduhan paling serius tekait pelanggaran UU Rahasia Resmi dan korupsi, di mana wanita 75 tahun itu dituduh menerima suap emas batangan dan uang tunai. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA