Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Di Tengah Agresi Israel, Menlu Turki Dan Maroko Bahas Pertemuan Komite Al Quds Organisasi Kerjasama Islam

LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 11 Mei 2021, 06:55 WIB
Di Tengah Agresi Israel, Menlu Turki Dan Maroko Bahas Pertemuan Komite Al Quds Organisasi Kerjasama Islam
Menteri Luar Negeri Maroko Nasser Bourita/Net
Sejumlah pejabat dam tokoh dunia Muslim terus melakukan koordinasi, menyikapi bentrokan yang berujung pada kekerasan yang dilakukan pihak kepolisian Israel terhadap warga Palestina di kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem beberapa waktu belakangan.

Di antara tokoh-tokoh tersebut adalah Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu dan Menteri Luar Negeri Maroko Nasser Bourita. Kedua diplomat dilaporkan telah melakukan pembicaraan telepon pada Senin (10/5) untuk membahas perkembangan terkini di Yerusalem.

Tidak ada penjelasan detail mengenai pembicaraan keduanya. Namun, sumber diplomatik mengatakan,  Cavusoglu dan Bourita juga membahas pertemuan Organisasi Kerjasama Islam Al Quds, seperti dikutip dari Anadolu Agency.

Menurut Bulan Sabit Merah Palestina, setidaknya 305 orang terluka ketika pasukan Israel menyerbu Masjid Al-Aqsa pada hari Senin (10/5).

Serangan itu terjadi ketika Yerusalem Timur bersiap untuk merayakan pawai nasionalis Yahudi tahunan.

Pasukan Israel menghalau barisan penduduk yang melakukan aksi solidaritas terhadap pengusiran paksa warga Palestina di Sheikh Jarrah.

Ketegangan di daerah Sheikh Jarrah telah memuncak sejak pekan lalu, ketika pengadilan mengabulkan penggusuran enam keluarga Palestina.

Israel menduduki Yerusalem Timur selama perang Arab-Israel tahun 1967 dan mencaplok seluruh kota pada tahun 1980 - sebuah tindakan yang tidak pernah diakui oleh komunitas internasional.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA