Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

WHO Jadikan B1617 Sebagai Varian Perhatian Global

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 11 Mei 2021, 09:39 WIB
WHO Jadikan B1617 Sebagai Varian Perhatian Global
Seorang pria di India menjual masker/Net
rmol news logo Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengklasifikasikan varian virus corona B1617 yang pertama kali diidentifikasi di India sebagai varian yang menjadi perhatian global.

"Kami mengklasifikasikan ini sebagai varian yang menjadi perhatian di tingkat global," ujar kepala teknis WHO untuk Covid-19, Maria Van Kerkhove pada Senin (10/5).

"Ada beberapa informasi yang tersedia untuk menyarankan peningkatan transmisi," tambahnya, seperti dikutip Reuters.

Varian B1617 merupakan varian keempat yang telah diklasifikasikan sebagai perhatian global dan membutuhkan pelacakan serta analisis yang lebih tinggi.

Sebelumnya, WHO telah mengklasifikasikan varian virus corona yang pertama kali terdeteksi di Inggris, Afrika Selatan, dan Brasil sebagai varian yang membutuhkan perhatian global.

Menurut WHO, garis keturunan utama B1617 pertama kali diidentifikasi di India pada Desember tahun lalu, meski versi sebelumnya terlihat pada Oktober 2020.

Saat ini varian tersebut sudah menyebar ke negara lain dan memicu kekhawatiran karena disebut menjadi salah satu faktor terjadinya tsunami Covid-19 di India.

Kepala ilmuwan WHO Soumya Swaminathan mengatakan penelitian tengah dilakukan untuk memeriksa penularan varian, tingkat keparahan yang ditimbulkan, hingga respons antibodi pada orang yang telah divaksinasi.

"Apa yang kita ketahui sekarang adalah bahwa vaksin itu bekerja, diagnosa bekerja, pengobatan yang sama yang digunakan untuk virus biasa bekerja, jadi sebenarnya tidak perlu mengubah apapun," ujar Swaminathan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA