Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tiga Jurnalisnya Ditangkap, Media Myanmar Minta Thailand Tidak Mendeportasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 11 Mei 2021, 12:20 WIB
Tiga Jurnalisnya Ditangkap, Media Myanmar Minta Thailand Tidak Mendeportasi
Aksi protes menolak kudeta militer Myanmar/Net
rmol news logo Tiga jurnalis Myanmar yang ditangkap di Thailand menghadapi persidangan untuk menentukan apakah mereka akan dideportasi.

Ketiganya melarikan diri bersama dua aktivis Myanmar ke Thailand untuk menghindari tindakan keras junta militer. Namun mereka ditangkap oleh pihak berwenang Thailand di kota Chiang Mai pada Minggu (9/5).

Tiga jurnalis tersebut merupakan bagian dari Democratic Voice of Burma (DVB) yang izin siarannya dicabut pada Maret. Setelah itu media itu mengirim jurnalis-jurnalisnya untuk bersembunyi.

Menurut pemimpin redaksi DVB, Aye Chan Naing, ketiga jurnalis yang ditangkap di Thailand akan menghadiri persidangan pada Selasa (11/5). DVB mendesak pihak berwenang Thailand untuk tidak mendeportasi tiga jurnalis tersebut ke Myanmar.

"Mereka ditangkap selama penggeledahan acak oleh polisi dan didakwa masuk secara ilegal di Thailand," kata Aye Chan Naing, seperti dikutip Reuters.

"DVB sangat mendesak pihak berwenang Thailand untuk tidak mendeportasi mereka kembali ke Burma, karena nyawa mereka akan dalam bahaya serius jika mereka kembali," lanjut Aye Chan Naing yang saat ini berada di Oslo.

Pihak berwenang Thailand pada hari Selasa mengkonfirmasi penangkapan tersebut, tetapi tidak mengatakan apakah mereka adalah jurnalis.

Meskipun kehilangan izin siaran pada Maret, DVB terus melaporkan aksi protes dan tindakan keras aparat keamanan Myanmar di halaman Facebook-nya. Itu juga disiarkan melalui televisi satelit, meski junta telah melarang penggunaannya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA