Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rusia-Turki Akur, Lavrov dan Cavusoglu Saling Dukung Mengutuk Kekerasan Di Yerusalem

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 11 Mei 2021, 12:23 WIB
Rusia-Turki Akur, Lavrov dan Cavusoglu Saling Dukung Mengutuk Kekerasan Di Yerusalem
Sergey Lavrov /Net
rmol news logo Rusia dan Turki sama-sama mengutuk penggusuran warga Palestina dari lingkungan leluhur mereka di Sheikh Jarrah, Yerusalem.

Kementerian Luar Negeri Rusia dalam sebuah pernyataannya pada Senin (10/5) mengatakan bahwa Menteri Luar Negeri Rusia dan Menteri Luar Negeri Turki telah mengadakan percakapan telepon untuk membahas konflk di Yerusalem. Kedua pihak meminta agar pihak-pihak yang bertikai saling menahan diri agar ketegangan tidak semakin meningkat.

"Para menteri luar negeri menyuarakan keprihatinan serius tentang peningkatan hubungan Israel-Palestina dan lonjakan ketegangan yang berbahaya di Yerusalem Timur, pertama dan terutama di luar Masjid Al-Aqsa," kata pernyataan itu, seperti dikutip dari Tass, Selasa (11/5).

Ketegangan di Yerusalem Timur mulai meningkat sejak pertengahan April. Pada 7 Mei, bentrokan antara polisi perbatasan Israel dan warga Palestina pecah di dua daerah, dekat Temple Mount dan di Sheikh Jarrah, setelah pengadilan Israel mengabulkan penggusuran enam keluarga Palestina dari Sheikh Jarrah.

Kantor berita WAFA Palestina melaporkan bahwa bentrokan paling kejam terjadi pada Jumat malam dan Sabtu dini hari di dekat Masjid Al-Aqsa, di mana peluru karet, granat setrum, dan gas air mata digunakan terhadap kerumunan oleh petugas penegak hukum Israel.

Dalam percakapan telepon itu, Sergey Lavrov dan Mevlut Cavusoglu juga membahas upaya berkelanjutan untuk menyelesaikan krisis Nagorno-Karabakh, prospek pengiriman vaksin Sputnik ke Turki dan hubungan bilateral lainnya yang tengah dirumuskan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA