Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Serangan Flu Babi Afrika, Presiden Duterte Nyatakan Keadaan Bencana Nasional Hingga Akhir Tahun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 11 Mei 2021, 12:36 WIB
Serangan Flu Babi Afrika, Presiden Duterte Nyatakan Keadaan Bencana Nasional Hingga Akhir Tahun
Presiden Rodrigo Duterte/Net
rmol news logo Di tengah pandemi Covid-19 yang masih mencengkeram Filipina, Presiden Rodrigo Duterte mengumumkan keadaan bencana nasional akibat flu babi Afrika hingga akhir tahun 2021.

Pengumuman tersebut disampaikan pihak Malacanang pada Selasa (11/5) waktu setempat.

Juru bicara kepresidenan Harry Roque mengatakan Presiden Duterte telah menandatangani Pengumuman No. 1143, yang menyatakan keadaan bencana sampai akhir tahun, kecuali ada pencabutan jika ada faktor yang memungkinkan.

“Filipina berada dalam bencana akibat wabah Demam Babi Afrika Selatan. Proklamasi No. 1143 ditandatangani kemarin (Senin)” kata Roque dalam briefing Istana, seperti dikutip dari Inquirer.

Semua lembaga pemerintah dan unit pemerintah daerah (LGU) diperintahkan untuk memberikan bantuan penuh dan kerja sama satu sama lain.
"Juga memobilisasi sumber daya yang diperlukan untuk melakukan tindakan kritis, mendesak, dan tepat pada waktu yang tepat untuk mengurangi penyebaran lebih lanjut flu babi Afrika (ASF), mengatasi defisit pasokan daging babi produk, menurunkan harga eceran, dan jumpstart serta rehabilitasi industri babi lokal,” kata Roque mengutip isi pengumuman.
Virus flu babi Afrika  sebenarnya tidak berbahaya bagi manusia, namun mematikan bagi babi. Sejauh ini belum ada obat penawar atau vaksin, dan satu-satunya metode pencegahan flu babi Afrika adalah dengan pemusnahan massal hewan yang terjangkit. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA