Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Biro Meteorologi Australia Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Di Tiga Negara Bagian

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 11 Mei 2021, 14:16 WIB
Biro Meteorologi Australia Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Di Tiga Negara Bagian
Ilustrasi/Net
rmol news logo Penduduk di sejumlah negara bagian Australia tengah bersiap menghadapi kemungkinan banjir bandang, hujan es besar, dan angin yang merusak saat badai petir dahsyat diperkirakan akan segera menghantam pantai timur Australia.

Biro Meteorologi (BOM) Australia telah mengeluarkan peringatan di seluruh Queensland, New South Wales dan Victoria karena beberapa sistem yang merusak diperkirakan akan menyerang pada hari ini, Selasa (11/5) waktu setempat.

Cuaca dingin disertai angin kencang melanda Victoria di sekitar East Gippsland, dengan perkiraan hujan lebat dan banjir bandang.

Peringatan cuaca buruk juga diberlakukan untuk NSW tenggara. Hujan deras diperkirakan akan melanda Bega, Merimbula, Eden, dan Bombala.

Di Queensland, badai petir yang menghasilkan angin yang merusak, hujan es dan hujan lebat diperkirakan akan melanda selatan Ayr.
Distrik timur di utara Ayr juga kemungkinan besar akan diguyur hujan.

Ini terjadi setelah Brisbane dan Gold Coast dilanda angin kencang dan badai petir yang melanda semalam suntuk di daerah itu.

Kondisi ekstrim datang di atas minggu basah untuk NSW yang memicu kekhawatiran banjir bandang.

"Tanahnya jenuh sehingga setiap curah hujan lebih lanjut yang jatuh di daerah itu kemungkinan akan meningkatkan aliran permukaan dan meningkatkan kemungkinan banjir bandang," kata ahli meteorologi BOM, Sarah Scully, seperti dikutip dari 9News, Selasa (11/5).

Scully mengatakan pertengahan Mei adalah waktu yang "tidak biasa" dalam setahun untuk badai petir yang parah, tetapi
kelembaban tinggi dan rendahnya tingkat atas mendorong cuaca yang tidak sesuai musim.

"Untuk badai petir dinamis yang sangat besar ini, biasanya merupakan fenomena musim panas ... Ini bukan hal yang belum pernah terjadi sebelumnya, tetapi pasti tidak biasa," katanya.

Sebagian besar pantai Victoria juga berada di jalur tembak cuaca buruk.

Pada Senin (10/5) malam, BOM memperingatkan penduduk dari Gippsland di Victoria timur hingga ke bagian pantai selatan NSW untuk bersiap menghadapi hujan lebat dan kemungkinan banjir bandang.

"Total curah hujan harian dari 30mm hingga 60mm diperkirakan secara luas melalui Gippsland dan sekitar Otways," biro itu memperingatkan.

Scully memperkirakan sistem akan terus menyebabkan hujan dan badai yang berpotensi parah di beberapa bagian Queensland dan NSW pada Rabu esok.

“Hari puncak badai petir itu adalah hari ini. Namun, diperkirakan masih ada badai sekitar besok,” katanya.

"Mereka akan berkurang penyebarannya dan kemungkinan mereka menjadi parah berkurang dan kemudian mereka perlahan-lahan akan mulai membersihkan dan menyusut ke Laut Tasman selama hari Kamis," demikian Scully. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA