Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sinyal Untuk China, Jepang Latihan Militer Bersama AS Dan Prancis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 11 Mei 2021, 15:18 WIB
Sinyal Untuk China, Jepang Latihan Militer Bersama AS Dan Prancis
Kapal perang Jepang/Net
rmol news logo Jepang, bersama dengan Amerika Serikat (AS) dan Prancis, menggelar latihan militer gabungan untuk pertama kalinya.

Latihan militer dilakukan di Jepang barat daya untuk memberikan sinyal kepada China yang meningkatkan agresivitasnya di Laut China Timur dan Selatan.

Latihan tersebut mencakup latihan jet tempur dan operasi amfibi, akan diadakan di wilayah Kyushu dan di laut dengan protokol kesehatan.

Jepang sendiri mengerahkan sebuah kapal selam dan enam kapal perang. Sementara Prancis mengirim dua kapal, AS dan Australia masing-masing satu.

Latihan militer selama sepekan itu melibatkan 300 tentara dari tiga negara.

"Latihan itu tidak diragukan lagi mencegah perilaku China yang semakin agresif di kawasan," ujar kepala Institut Studi Dunia di Universitas Takushoku, Takashi Kawakami, seperti dikutip AFP.

"Dalam jangka panjang, komitmen Eropa di Indo-Pasifik dapat mengarah pada hubungan yang lebih erat antara Jepang dan NATO, sesuatu yang diadvokasi oleh mantan perdana menteri Shinzo Abe," tambahnya.

Dalam beberapa waktu terakhir, China telah meningkatkan aktivitasnya di sekitar pulau Senkaku yang dikelola Jepang, dan diklaim Beijing sebagai Diaoyu.

Selain itu, China juga semakin aktif melancarkan klaim sembilan garis putus-putusnya di Laut China Selatan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA