Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Turki Ingin Tarik Pasukan Dari Afghanistan, Tapi Ini Konsekuensinya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 12 Mei 2021, 09:18 WIB
Turki Ingin Tarik Pasukan Dari Afghanistan, Tapi Ini Konsekuensinya
Militer Turki/Net
rmol news logo Turki dilaporkan ikut mempertimbangkan penarikan pasukan dari Afghanistan, langkah yang diambil oleh Amerika Serikat (AS) dan NATO.

Menurut laporan Wall Street Journal, Turki telah menyampaikan niatnya tersebut pada AS dan sekutu-sekutunya di NATO. Namun sejauh ini Ankara belum merilis pernyataan resmi.

Dikutip dari Arab News pada Rabu (12/5), kepergian Turki akan mempersulit negara-negara Barat untuk menjaga misi diplomatik di Afghanistan setelah ditinggal AS dan NATO.

Terlebih dalam beberapa tahun terakhir, Turki telah menyediakan keamanan di Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul.

Bandara Kabul sendiri menjadi kunci penting untuk memastikan terbukanya Afghanistan bagi dunia luar, termasuk menyalurkan bantuan kemanusiaan.

Direktur Friedrich Ebert Foundation di Kabul, Magdalena Kirchner mengatakan, keputusan Turki tersebut didorong oleh penarikan pasukan AS yang dengan tenggat waktu 11 September.

"Di satu sisi, Turki memiliki kepentingan terhadap stabilitas Afghanistan dan telah mengerahkan pasukan di sana sejak 2001," ujarnya.

Namun ia mengatakan di sisi lain, keterlibatan militer Turki di Afghanistan sangat terkait dengan misi NATO. Terlebih persetujuan publik atas keterlibatan Turki di sana masih rendah.

Sejak 2001 hingga 2014, Turki merupakan mitra aktif dalam misi NATO di Afghanistan, yang tergabung dalam Pasukan Bantuan Keamanan Internasional, dan kemudian Misi Dukungan Tegas dari 2015 hingga saat ini.

Sementara itu, konferensi perdamaian Afghanistan yang dijadwalkan akan diadakan dari 24 April hingga 4 Mei di Istanbul, ditunda hingga setelah Ramadhan.

Taliban sebelumnya menolak untuk menghadiri pertemuan tersebut hhingga seluruh pasukan asing keluar dari Afghanistan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA