Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kirim Bantuan Ke India, Menlu Retno: Teman Yang Ada Saat Dibutuhkan Adalah Teman Sesungguhnya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 12 Mei 2021, 12:46 WIB
rmol news logo Indonesia akan mengirimkan bantuan hibah kemanusiaan untuk menangani pandemi Covid-19 ke India pada hari ini, Rabu (12/5) pukul 14.00 WIB.

Bantuan tersebut berupa 200 unit konsentrator oksigen, yang akan dikirim menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

Hadir dalam pelepasan bantuan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan bantuan tersebut merupakan wujud solidaritas bangsa dan rakyat Indonesia kepada India.

Sebelumnya, pada Senin (10/5), pemerintah bersama dengan asosiasi dan pelaku industri di dalam negeri juga telah mengirimkan 1.400 tabung oksigen ke India.

"Indonesia dan India adalah sahabat lama, sahabat dekat, sekaligus mitra strategis... Sejak awal pandemi, Indonesia dan India sudah bekerja sama melawan Covid-19," ujar Retno dalam acara pelapasan yang disiarkan secara langsung di kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Retno mengatakan, ketika awal pandemi, pemerintah India memfasilitasi ekspor Bahan Baku Obat (BBO) yang sangat diperlukan oleh Indonesia. India juga berperan penting mendukung pengadaan vaksin melalui fasilitas COVAX.

Kepada Dutabesar India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti yang turut hadir, Retno menyampaikan apresiasi atas bantuan India kepada Indonesia selama pandemi.

"Sekarang adalah waktunya untuk menunjukkan dukungan kami. Indonesia akan berdiri di samping India pada waktu yang sulit ini, dan kami berkomitmen untuk berbagi beban bersama rakyat India," kata Retno.

"Bagaimanapun, teman yang ada saat dibutuhkan adalah teman yang sesungguhnya," imbuh Retno.

Pada gilirannya, Dubes Bharti menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Indonesia atas bantuan tersebut, Ia mengatakan bantuan akan diterima oleh Palang Merah India di Delhi pada Kamis (13/5).

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Indonesia atas bantuan yang tepat waktu yang diberikan kepada India dalam perjuangan melawan pandemi," ujarnya.

"Saya yakin, bersama-sama, pandemi ini bisa diatasi lebih cepat," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA