Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Lebaran Di Hongaria, Berbagi Kebahagiaan Dengan Opor Dan Ketupat

LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 14 Mei 2021, 06:04 WIB
Lebaran Di Hongaria, Berbagi Kebahagiaan Dengan Opor Dan Ketupat
Masyarakat Indonesia menerima bingkisan dari KBRI BUdapest/Ist
Mahasiswa dan masyarakat Indonesia di Hongaria merasa sangat terhibur di Hari Raya Lebaran ini. Mereka menerima bingkisan makanan khas Lebaran dari KBRI Budapest.

”Terima kasih banyak atas kiriman opor, rendang dan ketupatnya,” ujar para mahasiswa itu dengan gembira penuh haru. Kesedihan karena tidak bisa berkumpul bersama keluarga dan kerabat sedikit terobati.

”Walaupun jauh dari tanah air, suasana lebaran dan rasa kekeluargaan masih dapat kami rasakan,” ujar mereka.

KBRI Budapest dalam rilis resmi yang diterima Kantor Berita Politik RMOL mengabarkan bahwa bingkisan opor, rendang, dan ketupat lebaran itu didistribusikan tepat pada hari Raya Idul Fitri, Kamis (13/5), di Budapest yang dipusatkan di tiga lokasi yang telah disepakati bersama.

Seminggu sebelumnya, KBRI Budapest juga mengirimkan aneka kue-kue Lebaran untuk masyarakat, mahasiswa, dan pelajar di berbagai kota dan daerah di Hongaria.  Kegiatan tersebut disandingkan dengan sosialiasi portal peduli serta safe travel.  

Ramadhan dan Lebaran tahun ini tidak jauh berbeda dengan Lebaran tahun 2020. Pandemi Covid-19 membuat mereka tidak bisa melakukan ibadah Sholat Ied dan kunjungan.

Namun begitu, KBRI Budapest berupaya untuk tetap bisa berinteraksi dengan dan aktif menyelenggarakan berbagai kegiatan keagamaan selama bulan Ramadhan, walaupun dilaksanakan secara daring.

Setiap akhir pekan, misalnya. Mereka bersama-sama dengan PPI Hongaria mengadakan kegiatan bukber online atau buka puasa bersama secara daring yang diawali ceramah dengan topik-topik yang menarik.
Diakhir acara ketika sudah waktunya berbuka, setiap partisipan dipersilahkan mempresentasikan menu buka puasanya.  Bagi menu iftar yang menarik diberikan hadiah berupa voucher belanja. Bagi penanya terbaik juga mendapatkan hadiah yang sama.

Selain itu bersama-sama dengan Perwakilan Indonesia di negara-negara Eropa Tengah dan Timur setiap akhir pekan juga mengadakan Ceramah Ramadhan dengan pembicara kondang dari tanah air maupun luar negeri.

Duta Besar RI, A.H Dimas Wahab, beberapa waktu lalu menyempatkan untuk menyapa mahasiswa dan warga Indonesia dalam acara buka puasa online di Budapest.

”Lebaran tahun ini, sama seperti tahun sebelumnya. Pemerintah Hongaria masih memberlakukan pembatasan pergerakan, sehingga kita belum dapat mengadakan kegiatan Sholat Ied dan Halal Bi-halal bersama seluruh masyarakat di Hongaria,” terang Dimas Wahab.

Ia menjelaskan akan mengupayakan acara halal bihalal virtual.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA