Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Republik Desak AS Kecam Hamas, Beri Dukungan Penuh Untuk Israel

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 14 Mei 2021, 11:46 WIB
Republik Desak AS Kecam Hamas, Beri Dukungan Penuh Untuk Israel
Serangan udara Israel ke Jalur Gaza/Getty Images
Anggota Parlemen Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik mendesak pemerintahan Presiden Joe Biden untuk mengecam serangan yang dilakukan Hamas dan memberikan lebih banyak dukungan pada Israel.

Hal itu disampaikan oleh Carlos Gimenez, perwakilan dari Florida yang menginisiasi resolusi di DPR AS, seperti dikutip Fox News pada Kamis (13/5).

"Israel memiliki hak untuk membela diri dan membela warganya. Saya tidak tahu contoh di mana ada agresi langsung dari negara Israel yang dilakukan tanpa provokasi," ujar Gimenez.

Lebih lanjut, Gimenez juga mengkritik pidato yang disampaikan oleh sejumlah anggota parlemen Demokrat yang mengecam Israel dalam konflik terbaru.

Gimenez mengatakan, para anggota parlemen Demokrat tidak memiliki hubungan dengan Amerika.

"Mereka berpikir bahwa mereka berbicara untuk Amerika dan mereka tidak," kata Gimenez.

"Apakah Anda mendukung teroris Hamas, atau Anda mendukung negara Israel? Itulah alasan lain mengapa kami ingin mengajukan resolusi ini," tambahnya.

Dalam resolusinya, perwakilan Republik juga merekomendasikan Washington untuk mengakui Yerusalem sebagai ibukota yang sah bagi Israel.

Sejauh ini, tidak ada anggota parlemen Demokrat yang mendukung resolusi Gimenez. Namun Gimenez berharap situasi akan berubah.

Serangan udara Israel ke Jalur Gaza dilakukan sejak Senin (10/5), yang dipicu oleh kekerasan pasukan keamanan Israel terhadap warga Palestina di kompleks Masjid Al Aqsa.

Jumlah korban meninggal akibat serangan tersebut terus bertambah. Di pihak Palestina, angka kematian sudah mencapai 113 orang, dengan 31 di antaranya adalah anak-anak.

Konflik Israel dengan Palestina tiba-tiba meningkat pada Kamis, dengan Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengumumkan operasi militer terhadap pejuang Palestina yang mencakup pasukan udara dan darat.

ARTIKEL LAINNYA