Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Presiden Rusia Dan Sekjen PBB Desak Palestina Dan Israel Segera Hentikan Pertempuran

LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 14 Mei 2021, 13:34 WIB
Presiden Rusia Dan Sekjen PBB Desak Palestina Dan Israel Segera Hentikan Pertempuran
Presiden Rusia Vladimir Putin/Net
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres mengeluarkan pernyataan bersama yang isinya menyerukan diakhirinya pertempuran antara Israel dan Palestina.

Pernyataann itu disampaikan Putin saat melakukan konferensi video dengan Guterres, yang berada di Moskow dalam kunjungan kerja pada Kamis (13/5) waktu setempat.

Sebuah pernyataan oleh Kremlin mengatakan bahwa kedua pemimpin telah menambahkan suara mereka pada seruan untuk diakhirinya bentrokan yang telah mengguncang Jalur Gaza sejak Senin lalu.

"Mengingat eskalasi konflik Palestina-Israel baru-baru ini, mereka setuju bahwa prioritas saat ini adalah menghentikan kekerasan di kedua sisi dan menjamin keselamatan penduduk sipil," kata Kremlin, seperti dikutip dari CGTN, Jumat (14/5).

"Mereka menyatakan dukungan untuk solusi dua negara berdasarkan resolusi Dewan Keamanan PBB yang relevan dan norma hukum internasional yang diakui secara umum," lanjut Kremlin.

Menurut laporan AFP, tentara Israel telah melancarkan ratusan serangan udara di Jalur Gaza sementara militan Palestina telah meluncurkan lebih dari 1.000 roket dalam beberapa kekerasan terburuk dalam tujuh tahun.

Israel juga dilaporkan sedang mempersiapkan pasukan tempur dan sedang dalam "berbagai tahap mempersiapkan operasi darat," sebuah langkah yang mengingatkan serangan serupa selama perang Israel-Gaza pada 2014 dan 2008-2009.

Sebelumnya juru bicara Guterres, Stephane Dujarric mengatakan bahwa kepala PBB telah meminta kekuatan internasional untuk turut berpartisipasi mengakhiri ketegangan saat ini, untuk menghindari lebih banyak korban sipil.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA