Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Suharso Monoarfa: Muhasabah Ramadhan, Evaluasi Pembangunan Dan Strategi Kebijakan Untuk IKN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 15 Mei 2021, 09:23 WIB
Suharso Monoarfa: Muhasabah Ramadhan, Evaluasi Pembangunan Dan Strategi Kebijakan Untuk IKN
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa/Net
rmol news logo Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa mengungkapkan makna muhasabah dalam kaitannya dengan proses pembangunan yang saat ini sedang dirintis. Menurutnya, muhasabah pembangunan adalah proses evaluasi atas pendekatan, strategi, kebijakan atau program yang telah dijalankan selama ini.

“Kita lakukan evaluasi atas apa yang telah kita rencanakan, apa bottlenecking yang dihadapi, apa indikator pembangunan yang telah dicapai, apakah peran clearing house telah tercapai,” ujar Suharso, dalam sambutannya pada acara halal bihalal virtual yang diselenggarakan oleh Bappenas, Jumat (14/5), yang mengambil tema 'Makna Muhasabah Ramadhan, Evaluasi Pembangunan'.

Saat membuka sambutannya, Suharso terlebih dulu mengucapkan selamat Lebaran dan berterimakasih kepada seluruh pegawai Bappenas yang tidak mudik. Ia juga menyampaikan bahwa 1 syawal 1442 H besamaan dengan peringatan kenaikan Isa Almasih.

“Selamat memperingati kenaikan Isa Almasih kepada ummat kristiani di lingkungan Bappenas, Semoga hal ini semakin memperkuat jalinan toleransi dan silaturrahim dalam, menciptakan kedamaian ummat manusia,” ujarnya.

Suharso menjelaskan, hasil muhasabah pembangunan menjadi bekal di Kementerian PPN/Bappenas untuk memperbaiki dan menata langkah kedepan, banyak tugas negara strategis yang diamanahkan kepada Bappenas.

“Salah satu major projects di 2021 adalah pembangunan IKN (Ibu Kota Negara), tentu dengan perhitungan cermat atas pelaksanaan vaksinasi dan mitigasi pandemi Covid-19,” ujarnya.

Semua pegawai Bappenas harus bersuara lantang, meyakini bahwa IKN akan menciptakan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru, mempercepat pemerataan ekonomi di seluruh Indonesia, hingga membuka jutaan lapangan kerja dengan tumbuhnya sektor-sektor ekonomi yang bernilai tambah tinggi, tegas Suharso.

Usai pelaksanaan Musrenbangnas 2021, IKN dan sejumlah tugas besar menanti. Sebagai clearing house, pihak-pihak terkait harus memastikan bahwa pelaksanaan RKP 2021 dan penyusunan RKP 2022 akan membawa manfaat besar bagi rakyat Indonesia

Suharso kemudian mengingatkan agar seluruh pegawai Bappenas melakukan tes PCR atau Antigen Swab Test usai libur hari raya.

“Karena kesehatan keluarga besar Bappenas dan keluarga di rumah sangat penting yang tak terbeli nilainya. Saya ingin saudara nyaman bertugas dengan upaya testing dan tracing yang baik,” tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA