Meski Kasus Covid-19 Melonjak, Ekonomi Taiwan Siap Melesat

Prospek ekonomi Taiwan cerah dan pertumbuhan tahun ini akan terjadi seperti yang diperkirakan sebelumnya, meskipun tengah terjadi lonjakan kasus Covid-19/Reuters

Prospek ekonomi Taiwan cerah dan pertumbuhan tahun ini akan terjadi seperti yang diperkirakan sebelumnya, meskipun tengah terjadi lonjakan kasus Covid-19.

Begitu penegasan yang dikeluarkan oleh Kabinet. Taiwan pada akhir pekan ini (Minggu, 16/5), seperti dikabarkan Channel News Asia.

Pernyataan itu dikeluarkan ke publik setelah Perdana Menteri Su Tseng-chang mengadakan pertemuan dengan pejabat tinggi ekonomi, termasuk gubernur bank sentral Yang Chin-long dan Menteri Ekonomi Wang Mei-hua. Mereka sepakat bahwa prospek ekonomi akan bagus.

Pernyataan yang sama menjelaskan bahwa keuntungan perusahaan yang terdaftar di Taiwan telah meningkat secara signifikan sepanjang tahun lalu. Selain itu, pesanan ekspor juga berkinerja baik.

Situasi pandemi saat ini memiliki dampak jangka pendek pada konsumen, tetapi selama infeksi dapat segera dikendalikan, ditambah dengan usulan dukungan pengeluaran pemerintah sebesar 7,51 miliar dolar AS, harapan untuk pertumbuhan ekonomi tahun 2021 dapat dipertahankan.

Dalam pertemuan tersebut, Su mendesak semua departemen untuk terus mencermati perkembangan pasar dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk operasi normal lembaga keuangan dan ketertiban serta stabilitas pasar saham dan valuta asing.

Masih kata pernyataan yang. sama, ekonomi Taiwan tumbuh pada laju tercepatnya dalam lebih dari satu dekade dalam tiga bulan pertama tahun 2021 karena ledakan "bekerja dari rumah" memicu permintaan global yang kuat untuk ekspor teknologi tinggi pulau itu.

Pada bulan Maret, bank sentral menaikkan perkiraan 2021 untuk pertumbuhan produk domestik bruto menjadi 4,53 persen dari perkiraan 3,68 persen pada Desember dan mengatakan kemungkinan revisi kenaikan lebih lanjut.

Taiwan sendiri merupakan negara yang perekonomiannya bergantung pada ekspor. Pabrikan Taiwan, seperti pembuat chip kontrak terbesar di dunia, Taiwan Semiconductor Manufacturing, adalah bagian penting dari rantai pasokan global untuk raksasa teknologi seperti Apple.
Tag:

Kolom Komentar


Video

RMOL WORLD VIEW • Palestina Tidak Pernah Sendiri

Rabu, 02 Juni 2021
Video

Tanya Jawab Cak Ulung • Membaca Anggaran Alutsista Rp 1,7 Kuadriliun

Kamis, 03 Juni 2021
Video

Tak Berizin dan Undang Ratusan Orang, Hajatan Khitan di Semarang Dibubarkan

Senin, 07 Juni 2021

Artikel Lainnya

Presiden Tsai Ing-wen: Vaksinasi Covid-19 Untuk Masyarakat Umum Taiwan Dimulai Juli 2021
Dunia

Presiden Tsai Ing-wen: Vaksi..

12 Juni 2021 16:47
Tidak Masalah Disebut Pembunuh, Vladimir Putin: Joe Biden Lebih Mudah Diprediksi Dibanding Donald Trump Yang Penuh Warna
Dunia

Tidak Masalah Disebut Pembun..

12 Juni 2021 16:24
Wabah Baru Covid-19 Guangdong China Kebanyakan Menyerang Lansia Dan Anak, 80 Persen Alami Demam
Dunia

Wabah Baru Covid-19 Guangdon..

12 Juni 2021 15:36
Mali Umumkan Pemerintahan Baru, Peran Kunci Masih Dipegang Tokoh Militer
Dunia

Mali Umumkan Pemerintahan Ba..

12 Juni 2021 15:22
China Dan Langkahnya Yang Salah Di Eropa Tengah Dan Timur
Dunia

China Dan Langkahnya Yang Sa..

12 Juni 2021 15:09
Untuk Yang Ketiga Kali Keluarga Pilot Rusia Mengirimkan Surat Permohonan Ampunan Kepada Gedung Putih
Dunia

Untuk Yang Ketiga Kali Kelua..

12 Juni 2021 13:39
Diprotes China Karena Sebut Taiwan Sebagai Negara, Tokyo Pastikan Hubungan Jepang-Taiwan Bersifat Tidak Resmi
Dunia

Diprotes China Karena Sebut ..

12 Juni 2021 12:55
Mantan Pendeta Katolik AS Richard Daschbach Diadili Di Timor Leste, Terancam Hukuman 20 Tahun Penjara
Dunia

Mantan Pendeta Katolik AS Ri..

12 Juni 2021 12:14