Farah.ID
Farah.ID

AS: Perdamaian Di Gaza Hanya Bisa Ditempuh Lewat Tindakan Dari Israel Dan Hamas Secara Bersamaaan

LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 18 Mei 2021, 11:54 WIB
AS: Perdamaian Di Gaza Hanya Bisa Ditempuh Lewat Tindakan Dari Israel Dan Hamas Secara Bersamaaan
Sekretaris Gedung Putih Jen Psaki/Net
Gedung Putih melalui sekretarisnya, Jen Psaki, mengatakan AS dibawah pemerintahan Joe Biden percaya bahwa diskusi yang intensif dan tenang dengan para pemimpin di wilayah konflik Gaza akan membantu meredakan konflik.

"Ada kalanya dalam diplomasi kita perlu menjaga percakapan, itu akan lebih tenang," ujar Psaki, dalam konferensi pers Senin (17/5) sore, sekaligus menjawab kritikan tentang berlarut-larutnya Biden menyerukan gencatan senjata di tengah kobaran yang semakin memakan banyak korban termasuk anak-anak.

Dia mengatakan, pemerintahan Biden sangat prihatin dan telah melakukan panggilan telepon dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu untuk melakukan gencatan senjata.

Mengenai tanggapan militer Israel yang tidak proporsional, yang dianggap mengabaikan permintaan gencatan senjata, Psaki menjawab hati-hati. Mengatakan bahwa kedua belah pihak sama menderita dan bahwa ada ketakutan di mata orang-orang Israel yang mengalami konflik.

Psaki berusaha memastikan pernyataannya tidak merusak hubungan antara pejabat AS dan Israel, ketika ditanya apakah serangan kekerasan Israel di Gaza adalah tanda Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menjadi lebih ekstrim.

"Bukanlah peran kami untuk menilai atau menganalisis politik di lapangan di pihak Israel," katanya.

Ia menegaskan bahwa pemerintahan Biden tetap pada komitmen untuk 'solusi dua negara' dan hanya itu satu-satunya cara bagi Israel dan Palestina untuk mencapai perdamaian.

"Penting untuk mengakhiri serentetan kekerasan yang baru-baru ini terjadi. Ini akan membutuhkan tindakan dari Israel juga dari Hamas, dari kedua belah pihak," katanya.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA