Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Terima Surat Kepercayaan Dubes RI, Putin Singgung Hubungan Baik Indonesia-Rusia

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 19 Mei 2021, 12:27 WIB
Dutabesar Luar Biasa Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Federasi Rusia, Jose Tavares telah menyerahkan Surat-surat Kepercayaan (Letters of Credentials) kepada Presiden Federasi Rusia, Vladimir Putin, pada Selasa (18/5) waktu setempat.

Seremoni penyerahan Surat-surat Kepercayaan kepada Presiden Putin berlangsung di Alexander Hall, Istana Agung Kremlin (Grand Palace) di Moskow pukul 11.00 waktu setempat atau pukul 15.00 WIB. Acara berlangsung khidmat dan cukup sederhana dengan pengaturan khusus terkait protokol kesehatan dalam situasi pandemi Covid-19.

Dalam sambutannya, Presiden Putin mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas kepada dutabesar negara-negara sahabat yang hadir untuk menyerahkan surat-surat kepercayaan.

“Para dutabesar mengemban tugas yang sangat mulia dari negara masing-masing untuk meningkatkan kerja sama di berbagai bidang yang saling menguntungkan dengan Rusia,” ungkap Presiden Putin.

Pada prinsipnya, kata Putin, Rusia ingin mengembangkan kemitraan terbuka di berbagai bidang dengan berdasarkan prinsip kesetaraan (equality), penghormatan atas kepentingan nasional, dan prinsip non-intervensi dalam politik dalam negeri.

Pemerintah Rusia juga menekankan pentingnya kerja sama ekonomi yang bebas dan adil (free and fair), tanpa adanya sanksi yang bermotivasi politik.

Secara khusus, Putin juga menyampaikan kesiapan Rusia untuk bekerja sama dengan negara-negara dan mitra global dalam memerangi pandemi Covid-19.

“Kami siap berbagi pengalaman dan membantu negara lain untuk mengatasi dampak ekonomi dan sosial jangka panjang dari pandemi, termasuk menyiapkan produksi vaksin Covid-19 dan obat-obatan yang telah dikembangkan di Rusia," demikian Putin.

Di tempat yang sama, Dubes Tavares menyebut Presiden Putin mengakui bahwa hubungan bilateral Indonesia dan Rusia sudah berjalan sejak lama dengan baik.

Indonesia dan Rusia telah merayakan 70 tahun Peringatan Hubungan Bilateral pada tahun 2020. Sepanjang 70 tahun, kedua negara telah mencatatkan pertumbuhan yang signifikan pada berbagai sektor strategis, antara lain perdagangan, investasi, pariwisata, pendidikan dan sosial budaya.

“Presiden Putin juga menggarisbawahi pentingnya Rusia-Indonesia untuk mengoordinasikan posisi masing-masing negara pada isu global dan regional, termasuk dalam kerja sama dalam kerangka Kawasan Asia Pasifik dan dalam kerangka Asean-Rusia," tutup Dubes Tavares.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA