Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Laris Manis Di Pasaran, Kopi Nusantara Jadi Primadona Pengusaha Di Mesir

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Rabu, 19 Mei 2021, 22:23 WIB
Laris Manis Di Pasaran, Kopi Nusantara Jadi Primadona Pengusaha Di Mesir
Tren pertumbuhan ekspor kopi Indonesia ke Mesir selama lima tahun terakhir (2016-2020) nilainya positif diatas 7 persen/KBRI Kairo
rmol news logo Kopi merupakan salah satu komoditi unggulan yang dimiliki oleh Indonesia dan harumnya tercium hingga ke mancanegara.

Bukan tanpa alasan, pasalnya biji kopi Indonesia memiliki karakteristik tersendiri dengan aroma dan citarasa beragam yang khas dan digemari masyarakat dari banyak negara, tidak terkecuali Mesir.

Karena itulah, tidak heran jika hal ini membuka peluang seluas-luasnya bagi para eksportir kopi Indonesia untuk memasarkan kopinya ke Mesir. Terhitung tren pertumbuhan ekspor kopi Indonesia ke Mesir selama lima tahun terakhir (2016-2020) nilainya positif diatas 7 persen.

Ada salah satu cerita menarik mengenai kopi Indonesia dan Mesir. Cerita ini datang dari seorang pengusaha kopi di Mesir bernama Haji Mohamed Sobhi.

Dia juga merupakan salah satu eksportir kopi asal Indonesia ke Mesir.

Baru-baru ini, dia memanfaatkan momen pasca Hari Raya Idul Fitri untuk memperluas jangkauan usahanya dengan membuka cabang baru dari kedai kopinya yang bernama Konoz Elbon Abdel Maaboud di Mesir. Kedai kopi berkonsep milenial ini menghadirkan beragam kopi asal Indonesia.

Dalam keterangan yang diterima redaksi (Rabu, 19/5), Haji Sobhi menceritakan bahwa usaha kopi semacam itu sudah dirintis secara turun-menurun oleh keluarganya di Mesir sejak tahun 1940an. Kemudian pada awal tahun 1990an, dia mulai mengimpor kopi dari Indonesia ke Mesir.

Langkah tersebut. disambut hangat oleh masyarakat Mesir. Tidak main-main, kini nilai importasi kopi Konoz Elbon dari Indonesia bahkan sudah mencapai enam juta dolar AS atau setara dengan sekitar Rp 85,75 miliar per tahun.

Dia memasok kopi Nusantara baik dari daerah Jawa, Sumatera, Sulawesi dan Flores.

Salah satu hal yang membedakan kedai kopi miliknya dengan kedai kopi lain di Mesir adalah mereka dapat menyajikan kopi dengan cita rasa yang unik dan memiliki karakter khas, dimana beberapa varian kopinya memiliki sentuhan rasa coklat, vanila, mangga, hingga pala dan rempah-rempah yang tajam khas Indonesia.

Kedai kopi Konoz Elbon Abdel Maaboud yang berlokasi di kawasan kota elit 6th. October City, Prov. Giza dibuka secara resmi pada Selasa (18/5) oleh Dutabesar RI Untuk Mesir Lutfi Rauf didampingi Atase Perdagangan KBRI Kairo Irman Adi Purwanto Moefthi. Ini merupakan bentuk komitmen pemerintah RI dalam mendukung upaya penetrasi produk ekspor kopi Indonesia ke pasar Mesir, termasuk melakukan pembinaan kepada para pembeli kopi Mesir agar dapat terhubung baik secara langsung dengan para produsen atau pemasok kopi Indonesia.

Kepada redaksi, Irman menjelaskan bahwa pada Januari 2021 ekspor kopi Indonesia ke Mesir mencapai 8,22 juta dolar AS atau setara dengan sekitar Rp 117 miliar, naik 33,57 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2020 sebesar 6,15 juta dolar AS.

Hal itu membawa Indonesia hingga saat ini masih menduduki peringkat pertama sebagai eksportir kopi dengan mendominasi 60 persen peredaran kopi di pasar Mesir. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA