Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sambut Gencatan Senjata Hamas-Israel, Sekjen PBB Puji Peran Qatar Dan Mesir

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 21 Mei 2021, 14:11 WIB
Sambut Gencatan Senjata Hamas-Israel, Sekjen PBB Puji Peran Qatar Dan Mesir
Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres/Net
rmol news logo Keputusan gencatan senjata antara Israel dan kelompok Hamas di Palestina disambut baik oleh Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres. Ia bahkan meminta semua pihak untuk mengawal gencatan senjata tersebut.

Gutteres dalam pernyataanya yang ditayangkan dalam video virtual mengimbau masyarakat internasional untuk bekerja dengan PBB dalam mengembangkan paket dukungan yang terintegrasi dan kuat untuk rekonstruksi dan pemulihan yang cepat serta berkelanjutan yang mendukung rakyat Palestina dan memperkuat institusi mereka.

"Saya menekankan bahwa para pemimpin Israel dan Palestina memiliki tanggung jawab di luar pemulihan ketenangan untuk memulai dialog serius guna mengatasi akar penyebab konflik," kata Guterres, seperti dikutip dari AP, Jumat (21/5).

"Gaza adalah bagian integral dari negara Palestina di masa depan dan tidak ada upaya yang harus dilakukan untuk mewujudkan rekonsiliasi nasional yang nyata yang mengakhiri perpecahan," tambahnya.

Guterres juga mengatakan bahwa PBB akan bekerja dengan Israel dan Palestina, juga mitra internasional dan regional, termasuk melalui Kuartet Timur Tengah untuk kembali ke jalur negosiasi yang berarti.

"Tujuannya untuk mengakhiri pendudukan dan memungkinkan terwujudnya solusi dua-negara atas dasar garis 1967, resolusi PBB, hukum internasional dan kesepakatan bersama," kata Guterres.

Gencatan senjata Israel dan Hamas, yang ditengahi Mesir terjadi setelah 11 hari serangan udara Israel di Jalur Gaza, dan mulai berlaku pada Jumat (21/5) pukul 02.00 dini hari waktu setempat.

Dalam pidatonya Guterres juga memuji peran Qatar dan Mesir melalui koordinasi erat dengan PBB untuk gencatan senjata ini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA