Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Bangkitkan Ekonomi, Dubes Lutfi Rauf Dan Kadin Luxor Bahas Kerjasama Perdagangan Dan Pariwisata

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 21 Mei 2021, 17:58 WIB
Bangkitkan Ekonomi, Dubes Lutfi Rauf Dan Kadin Luxor Bahas Kerjasama Perdagangan Dan Pariwisata
Pertemuan Dutabesar RI untuk Mesir Lutfi Rauf dengan Ketua Kamar Dagang Provinsi Luxor Salah Fathy di kota Luxor pada Kamis, 20 Mei 2021/Ist
Di tengah pandemi Covid-19, Kedutaan Besar RI (KBRI) untuk Mesir mempromosikan kerjasama perdagangan dan pariwisata demi membangkitkan kembali ekonomi.

Hal itu juga menjadi agenda dalam kunjungan kehormatan atau courtesy call antara Dutabesar RI untuk Mesir Lutfi Rauf dengan Ketua Kamar Dagang Provinsi Luxor Salah Fathy di kota Luxor pada Kamis (20/5).

Dalam pertemuan tersebut juga hadir wakil kepala perwakilan RI, atase perdagangan KBRI Kairo, beserta staf dan jajaran Kamar Dagang Luxor.

Pada kesempatan tersebut, Dubes Lutfi mengapresiasi Kadin Luxor atas penerimaan yang hangat dan mengharapkan penguatan serta peningkatan kerjasama yang saling membangun guna memulihkan ekonomi kedua negara.

"Di bidang perdagangan, ada fenomena menarik di masa [andemi, justru ekspor Indonesia ke Mesir mengalami peningkatan, utamanya untuk produk-produk pangan seperti minyak sawit, kopi, kakao, kelapa dan produk rempah-rempah dan produk potensial lainnya," ungkap Dubes Lutfi, seperti dalam keterangan tertulisnya.

Ia juga mengatakan, pihaknya akan segera mengagendakan travel and tour gathering antara pelaku usaha pariwisata Luxor dan Indonesia.

Atase Perdagangan KBRI Kairo Irman Adi menambahkan, pihaknya siap untuk saling bertukar informasi terkait produk apa saja yang diminati oleh kalangan konsumen Luxor dan produk apa saja yang berpeluang diekspor dari Luxor ke Indonesia.

Sementara itu, Salah Fathy menerangkan, kerjasama perdagangan sangat penting saat ini, terlebih lagi Luxor memiliki wilayah industri dan proyek investasi yang dapat ditawarkan kepada Indonesia.

Terkait Pariwisata, ia menggarisbawahi pentingnya upaya membangkitkan kegiatan sektor travel dan pariwisata, karena Luxor sebelum pandemi merupakan pariwisata termaju dan menjadi destinasi terpenting saat kunjungan wisata ke Mesir.

ARTIKEL LAINNYA