Farah.ID
Farah.ID

Blinken: AS Siap Lanjutkan Dialog Denuklirisasi, Sekarang Pilihan Ada Di Tangan Korea Utara

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 24 Mei 2021, 09:06 WIB
Blinken: AS Siap Lanjutkan Dialog Denuklirisasi, Sekarang Pilihan Ada Di Tangan Korea Utara
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken/Net
Amerika Serikat (AS) menegaskan kembali komitmen untuk melanjutkan diplomasi dengan Korea Utara demi mencapai denuklirisasi Semenanjung Korea.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken pada Minggu (23/5) mengatakan kelanjutan diplomasi denuklirisasi berada di tangan Korea Utara. Washington sendiri berupaya untuk membuat kemajuan.

"Saya tidak berpikir akan ada kesepakatan besar di mana ini diselesaikan dalam satu gerakan. Ini harus diplomasi yang dikalibrasi dengan jelas, langkah-langkah yang jelas dar Korea Utara, dan bergerak maju dengan cara itu," ujar Blinken, seperti dikutip Yonhap.

Menegaskan kesiapan Washington untuk melanjutkan dialog, Blinken kembali mengatakan bahwa saat ini pilihan ada di tangan Pyongyang.

"Kami menunggu untuk melihat apakah Pyongyang benar-benar ingin terlibat. Bola ada di tangan mereka," kata Blinken.

"Kami telah menjelaskan bahwa kami siap untuk mengejar ini secara diplomatis, bahkan ketika sanksi tetap berlaku karena Korea Utara terus melakukannya, terlibat dalam aktivitas yang jelas-jelas dilarang oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB)," tambah dia.

Sebelumnya, pada Jumat (21/5), Presiden AS Joe Biden melakukan pertemuan tingkat tinggi dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in di Washington.

Setelah KTT tersebut, Washington mengklarifikasi kesiapannya untuk melanjutkan diplomasi dengan Pyongyang. Washington juga mengumumkan Sung Kim, seorang diplomat karir, sebagai utusan khusus AS untuk Korea Utara.

ARTIKEL LAINNYA