Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Xi Telepon Rouhani, Sampaikan Dukungan China Untuk Iran Dalam Menghadapi Ulah AS

LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 25 Mei 2021, 08:32 WIB
Xi Telepon Rouhani, Sampaikan Dukungan China Untuk Iran Dalam Menghadapi Ulah AS
Xi Jinping/Net
Presiden China Xi Jinping menyampaikan optimismenya terhadap perkembangan hubungan China dengan Iran. China akan berupaya menjadi mitra erat Iran dalam segala  bidang yang saling menguntungkan kedua negara.

Saat berbicara melalui telepon dengan Presiden Hassan Rouhani pada Senin (24/5), Xi menegaskan kembali dukungan China untuk Iran terkait masalah nuklir.

"Beijing selalu mendukung dan akan terus mendukung JCPOA sebagai perjanjian internasional multilateral dan implementasi penuhnya. Amerika Serikat tidak dapat menarik atau kembali ke JCPOA seenaknya. AS juga perlu melakukan pencabutan semua sanksi terhadap Iran agar bisa kembali ke kesepakatan itu." kata Xi, seperti dikutip dari Global Times, Senin (24/5).

Hubungan China dengan Iran strategis dan berkembang di semua bidang, menurut Xi. Ia menekankan perlunya mengimplementasikan dan mengoperasionalkan perjanjian antara kedua negara sesegera mungkin.

"Merujuk pada kerja sama regional kedua negara, Iran dan China dapat berperan efektif dalam menyelesaikan masalah regional dan internasional dengan berbagi posisi," kata Xi.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA